Mohon tunggu...
KOMENTAR
Musik

HIMpersada20: 24-30 Oktober 2021 (Kilas Balik Musik 2005-2014: Bagian 14)

25 Oktober 2021   07:15 Diperbarui: 25 Oktober 2021   07:24 69 1

2011 : # On-air

Dengan semakin canggihnya dunia teknologi, kendala untuk "go international" sesungguhnya tinggal menjadi soal menunggu waktu saja. Mau audisi secara audio-visual, tinggal minta bantuan om YouTube untuk menjaring viewers. Pengenalan profil dan presentasi demo lagu, tinggal mengunggahnya di situs jejaring sosial. Dan siaran radio yang dulunya hanya sebatas kuatnya sinyal di udara dan batasan wilayah, kini bisa menjangkau pendengar seluruh dunia hampir tanpa batas -- asal ada koneksi internet yang stabil.

Bila sebelumnya untuk mendengarkan radio streaming perlu membuka situs resminya terlebih dulu di internet ( atau sekarang dari satu situs saja, bisa memilih hingga ratusan radio -- seperti yang bisa pembaca nikmati di situs ini, kini aplikasi streaming sudah bisa didengarkan secara mobile lewat gadget seperti smartphone maupun pc-tablet.

Seperti yang pernah penulis singgung, ada yang aplikasinya dibangun oleh providernya dan ada pula yang "nebeng" aplikasi radio player. Untuk Blackberry, mungkin anda kenal aplikasi NuxRadio. Sementara untuk sistem Android seperti yang penulis gunakan belakangan ini, banyak aplikasi gratis yang bisa diunduh seperti : TuneIn, XiiaLive, dan Pandora Internet Radio. Bisa dibilang, kini kompetisinya bukan lagi dengan radio2 sekota tapi satu negara. Mana stasiun radio yang punya program tangga lagu senantiasa update dengan yang chart radionya lelet akan bisa terlacak, he3...

Selain persaingan soal playlist yang digemari pendengarnya, pengelola radio juga berjibaku dalam memperebutkan kue iklan media yang kian ketat. Di beberapa stasiun radio ibukota yang penulis kupingin, terasa banget bahwa siaran mereka belakangan ini nyaris tanpa jeda pariwara. Enak juga sich jadi bisa nonstop nikmatin lagunya, bahkan kalau perlu announcernya nggak boleh ngomong bertele-tele lebih dari 1-2 menit, he3... Tapi sampai kapan secara operasional dengan pola siaran "kering" pesan komersial tersebut, mereka bisa bertahan ?

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan