Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan Pilihan

Pendekatan Kurikulum 2013 tak Sesuai Gaya Berpikir Anak

8 Desember 2014   22:36 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:46 290 1


Jelas, dalam pendidikan K 2013 yang konon merupakan pendekatan ilmiah dengan melakukan eksplorasi, penalaran, dan pemecahan masalah ini, memang tidak cocok dengan gaya berpikir (cognitive style) mayoritas populasi anak. Yang cocok dengan K2013 hanya sekitar 2 - 5 persen saja.
Sekali lagi 2 - 5 persen saja, yaitu anak-anak cerdas istimewa.

Kita lihat taksonomi Bloom. Tingkatan perkembangan kemampuan berpikir anak secara normal (sekali lagi SECARA NORMAL) adalah dimulai dari:
C1 mengenal nama-nama yang harus dipelajari – bentuk ini harus dihapalkan
C2 memahami dan mampu menyebutkan kembali apa yang sudah dikenalnya
C3 mampu mengaplikasikan untuk sesuatu hal dengan tepat apa yang sudah dikenalnya
C4 mampu melakukan analisa dan sintesa terhadap hal-hal yang sudah dikenalnya itu
C5 mampu berkreasi secara kreatif melakukan inovasi dan pemecahan masalah terhadap apa yang dikenalnya itu menjadi sebuah pengetahuan baru

Taksonomi Bloom ini adalah ilmu penegtahuan dasar para pendidik yang verifikasinya sudah berulang-ulang dari berbagai bidang cabang ilmu pengetahuan dan sesuai dengan perkembangan kognitif anak yang diakui oleh berbagai cabang ilmu pengetahuan ilmiah yang berkaitan dengan masalah ini. Semua pendidik pasti tahu taksonomi Bloom ini.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun