Mohon tunggu...
KOMENTAR
Financial

Kredit Macet di CU Dosa Pengelola yang Salah Kelola karena Tidak Taat Tata Kelola

16 September 2022   16:04 Diperbarui: 16 September 2022   16:18 96 0

Tujuan credit union itu sangat mulia, namun para pengelola tidak menjalankan fungsi dengan baik dan benar sesuai tata kelola, maka peranan Credit Union untuk membantu orang miskin berubah semakin tidak jelas ibarat sebuah puisi tanpa makna, bahkan CU makin kurang lebih dengan lembaga keuangan kapitalis yang katanya sosialis dan demokratis, harusnya hadirnya CU mampu :

  • Membimbing dan mengembangkan sikap ber hemat, rajin menabung, mempunyai penghasilan pasif, dan memiliki dana pension karena cerdas mengelola keuangannya, anggota CU dicerdaskan agar mampu dalam menghadapi sikap konsumerisme, sehingga efisiensi dan efektivitas usahanya tercapai.
  • Memberi pinjaman yang layak, tepat sasaran, proses cepat dan membayar bunga pinjaman murah.
  • Mendidik anggota dalam hal menggunakan uang secara bijaksana. Para pengelola proaktif membimbing anggotanya bagaimana memilih simpanan dan penggunaan pinjaman dengan bijaksana.
  • Pembentukan karakter adalah salah satu persyaratan utama bagi anggota yang melakukan permohonan kredit melalui pendidikan keuangan pada saat pra pencairan.
  • Pilar utama credit union adalah Pendidikan yang terus menerus, agar para anggota cerdas dalam mengelola diri dan keuangannya sehingga anggota dapat merancang masa depan yang lebih baik untuk mencapai tujuan hidup dan keuangannya.
  • Credit union hadir untuk satu tujuan yaitu untuk memberdayakan anggotanya secara khusus dan secara umun masyarakat disekitarnya, sebab ironis dimana credit union tumbuh subur justru tingkat ekonomi masyarakatnya berada dibawah garis kemiskinan, lalu dimana keberadaan credit union tersebut.
  • Pesan utama pendiri credit union agar gerakan mampu membuat setiap orang menolong orang lain terlebih dahulu, agar mampu menolong diri sendiri.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan