Mohon tunggu...
KOMENTAR
Financial

E-commerce di Era Digitalisasi

29 Oktober 2023   22:30 Diperbarui: 29 Oktober 2023   22:36 91 0

Ecommerce di Era Digitalisasi 

Di era digitalisasi saat ini, e-commerce atau perdagangan elektronik menjadi salah satu bentuk bisnis digital yang semakin diminati oleh masyarakat. Proses transaksi e-commerce dilakukan melalui internet atau platform digital. Berbagai produk dan layanan dapat diperjual belikan, mulai dari barang yang di konsumsi sampai jasa yang memanfaatkan teknologi digital. Digitalisasi juga telah menyebabkan banyak Perusahaan melakukan perdagangan secara elektronik. E-commerce tidak hanya membuka pasar baru bagi produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga mempermudah cara UMKM melakukan bisnis. E-commerce juga membuat operasional Perusahaan menjadi lebih efisien. Bisnis e-commerce di Indonesia dinilai memiliki prospek yang cerah. Bahkan, di Tengah pandemi bisnis e-commerce tumbuh 33,3% dari tahun 2020 yang awalnya Rp. 253 triliun menjadi Rp. 337 triliun.

Beberapa factor yang mempengaruhi pertumbuhan e-commerce di era digitalisasi :

  • Pertumbuhan penduduk
  • Meningkatnya pengguna smartphone
  • Meningkatnya pengguna internet
  • Pengguna media social yang makin meningkat
  • Perusahaan teknologi semakin berkembang

Semakin banyak e-commerce yang bermunculan, pengguna transaksi cashless dan rekening bank meningkat drastic. Penggunaan uang elektronik mendukung laju pertumbuhan marketplace di Indonesia semakin pesat. Pembayaran menggunakan uang eletronik mempermudah masyarakat dalam berbelanja di toko online.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun