Mohon tunggu...
KOMENTAR
Gadget

Paid Marketing Menjadi Strategi Paling Efektif untuk Branding

19 April 2022   20:24 Diperbarui: 19 April 2022   20:43 1381 0

Seiring dengan perkembangan teknologi, digital marketing menjadi salah satu jenis strategi pemasaran yang banyak diminati. Salah satu contoh digital marketing yang banyak diminati adalah paid marketing.

Strategi pemasaran berbayar ini adalah salah satu cara tercepat untuk membantu calon pelanggan menemukan merek dan produk Anda. Dengan kata lain, strategi ini dapat meningkatkan kesadaran pada branding produk. Saat merek Anda mulai menarik perhatian calon pelanggan, kemungkinan besar merek tersebut akan menonjol di pasar.

Apa Itu Paid Marketing?

Melansir dari laman VWO, pemasaran berbayar atau paid marketing adalah strategi di mana bisnis akan menargetkan iklan ke berbagai pelanggan potensial berdasarkan minat, sasaran, atau interaksi mereka dengan merek.

Sementara itu, menurut Forbes, strategi ini menjadi salah satu kampanye pemasaran digital paling sukses dan efektif untuk mengangkat merek.

Bukan tanpa alasan. Pemasaran berbayar ini dapat memanfaatkan banyak saluran digital termasuk SERP (Search Engine Result Page), platform media sosial, dan situs web komunitas.

Selain menampilkan iklan  yang muncul di SERP dan halaman web seperti media buying, pemasaran berbayar juga dapat berbentuk posting sosial bersponsor dan artikel blog perusahaan. Nah, itulah yang membuat pemasaran berbayar begitu efektif.

Bahkan berdasarkan penelitian Retail Drive, sekitar 87% pelanggan akan memulai pencarian mereka di saluran digital, baik berbelanja online atau langsung ke toko.

Manfaat dari Paid Marketing

Seperti strategi pemasaran lainnya, pemasaran berbayar memerlukan perencanaan yang matang untuk implementasi yang sukses. Jika bisa dijalankan dengan baik, strategi pemasaran berbayar ini bisa membawa banyak keuntungan bagi bisnis.

Melansir dari Digital Shifters, berikut ini adalah manfaat dari pemasaran berbayar:

Memberikan metrik keberhasilan yang jelas
Menjanjikan hasil yang cepat
Menargetkan dan menyegmentasikan pelanggan secara lebih rinci
Membantu perusahaan membangun hubungan yang kuat (relationship marketing) dengan pelanggan
Penghematan biaya
Efektif dalam mendorong angka ROI dengan tren nilai positif. ROI atau return on investment adalah rasio yang mewakili hasil aset yang digunakan dalam bisnis atau ukuran efektivitas manajemen
Menawarkan insight dari berbagai saluran digital

Jenis-jenis Paid Marketing


Sebelumnya, strategi pemasaran berbayar ini terbagi menjadi pemasaran sosial dan pemasaran mesin pencari, di mana kedua metode  memiliki format iklan masing-masing.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, aplikasi pemasaran berbayar  juga  mengalami evolusi dan dibagi menjadi empat kategori khusus.

Berikut jenis-jenis strategi pemasaran berbayar yang perlu Anda ketahui:

1. Pemasaran Media Sosial

Sebagian besar merek menggunakan media sosial sebagai cara untuk melakukan pemasaran berbayar. Hal ini karena media sosial memberikan ukuran hasil pemasaran yang jelas (social media scoring) dengan menggunakan sejumlah digital marketing metric.

Saat menerapkan strategi ini, perusahaan akan mencari leads berdasarkan minat dan kebiasaan mereka di platform media sosial. Akibatnya, strategi yang umum diadopsi adalah menargetkan ulang iklan menggunakan algoritme media sosial dari setiap pelanggan potensial.

2. Paid Search Marketing

Ini adalah bentuk pemasaran populer yang sering dipilih oleh perusahaan besar. Jenis pemasaran ini juga dikenal sebagai SEM (search engine marketing).

SEM adalah teknik pemasaran berbayar yang digunakan oleh situs web periklanan untuk menarik lebih banyak pengunjung dari mesin pencari. Cara kerja SEM adalah menempatkan kampanye iklan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Jadi, ketika seseorang memasukkan kata kunci yang cocok dengan kata kunci yang Anda buat di kampanye iklan Anda, hasil pencarian akan secara otomatis menampilkan iklan dari situs web Anda.

Biasanya, strategi ini memberikan iklan teks dan gambar kepada pelanggan yang mencari merek di platform seperti Google dan Bing.

3. Display Marketing

Mirip dengan pemasaran mesin pencari, Display Marketing biasanya bekerja dengan mengirimkan iklan ke pengunjung situs web atau blog.

Meskipun jenis pemasaran berbayar ini tampak lebih mudah dan sederhana, namun tetap memerlukan bantuan penargetan ulang untuk melakukannya. Tujuannya adalah agar bisnis menampilkan iklan pasar target yang lebih relevan kepada calon pelanggan berdasarkan riwayat penjelajahan mereka.

4. Influencer Marketing

Perusahaan juga kerap memanfaatkan strategi pemasaran berbayar dalam dengan menggunakan influencer.

Tim pemasaran perusahaan B2B dan B2C dapat menggunakan strategi ini untuk memperluas jangkauan pelanggan mereka dengan memengaruhi pola pikir pengikut layanan dukungan influencer


Masing-masing jenis strategi pemasaran berbayar ini memiliki tujuan yang unik pada berbagai tahap saluran penjualan. Namun,  Anda harus ingat bahwa tidak semua merek bisa menggunakan semua jenis pemasaran berbayar. Namun, menerapkan lebih dari satu jenis pemasaran berbayar adalah strategi yang efektif

Singkatnya, perusahaan dan bisnis dapat memanfaatkan strategi ini untuk memperkenalkan merek Anda ke audiens yang besar, dengan cepat menarik pelanggan potensial, dan meningkatkan citra merek Anda dibandingkan dengan pemasaran organik.

Tidak hanya itu, strategi ini juga sangat cocok untuk tujuan pemasaran di era digital  saat ini, dimana setiap orang menggunakan teknologi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Selain menerapkan strategi pemasaran berbayar untuk membantu Anda mengembangkan bisnis, Anda juga dapat menggunakan jasa digital marketing agency untuk membantu Anda mengembangkan bisnis.

Beberapa strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah Growth Marketing, Inbound Marketing, 360 Digital Marketing dan Data Driven Marketing agar bisnis dapat berkembang pesat.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun