Mohon tunggu...
KOMENTAR
Humaniora Pilihan

Manfaat Melatih Berbicara

1 Oktober 2021   10:48 Diperbarui: 1 Oktober 2021   15:30 215 5

Pernahkah kalian melihat atau mendengar orang berbicara ? Bagaimana pendapat kalian tentang orang tersebut, apakah cara berbicaranya baik, teratur dan apakah ia malu dalam berbicara ? Orang berbicara apakah harus menguasai materi. ? Hal - hal ini yang selalu ditanyakan banyak orang bukan ? Lalu apa itu "berbicara" ?

Berbicara (speak) merupakan kemampuan atau kesanggupan seseorang dalam mengucapkan kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan gagasan dan perasaannya secara lisan (secara langsung) kepada orang atau kelompok lain.

Menurut Tarigan (2008: 16) "berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekpresikan, menyatakan atau menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan".

Speak juga adalah proses pengucapan kata - kata dan bahasa tubuh untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Pengucapan kata - kata tersebut bisa bersifat positif maupun negatif bahkan penerima pesan pun juga bisa bersifat positif maupun negatif. Contohnya seorang individu menyampaikan "ingin makan" lalu direspon dengan positif "mari kita cari makan, mari kita masak" dan sebagainya.

Terkadang juga ada beberapa penghambat dalam berbicara seperti keterbatasan dalam berbicara dan mendengar. Sebagai contoh "penjual ayam di pasar yang merupakan tidak bisa mendengar "tuli" dan pembeli juga "tuli".

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan