Mohon tunggu...
Erenzh Pulalo
Erenzh Pulalo Mohon Tunggu... Musisi - Memanfaatkan Waktu untuk Menulis

Manfaat waktu untuk menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Manfaat Melatih Berbicara

1 Oktober 2021   10:48 Diperbarui: 1 Oktober 2021   15:30 190 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Berbicara didepan banyak orang/Sumber: Dokumen Pribadi

Pernahkah kalian melihat atau mendengar orang berbicara ? Bagaimana pendapat kalian tentang orang tersebut, apakah cara berbicaranya baik, teratur dan apakah ia malu dalam berbicara ? Orang berbicara apakah harus menguasai materi. ? Hal - hal ini yang selalu ditanyakan banyak orang bukan ? Lalu apa itu "berbicara" ?

Berbicara (speak) merupakan kemampuan atau kesanggupan seseorang dalam mengucapkan kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan gagasan dan perasaannya secara lisan (secara langsung) kepada orang atau kelompok lain.

Menurut Tarigan (2008: 16) "berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekpresikan, menyatakan atau menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan".

Speak juga adalah proses pengucapan kata - kata dan bahasa tubuh untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Pengucapan kata - kata tersebut bisa bersifat positif maupun negatif bahkan penerima pesan pun juga bisa bersifat positif maupun negatif. Contohnya seorang individu menyampaikan "ingin makan" lalu direspon dengan positif "mari kita cari makan, mari kita masak" dan sebagainya.

Terkadang juga ada beberapa penghambat dalam berbicara seperti keterbatasan dalam berbicara dan mendengar. Sebagai contoh "penjual ayam di pasar yang merupakan tidak bisa mendengar "tuli" dan pembeli juga "tuli".

Pembeli: ayamnya berapa ?
Penjual: ini ayam jantan.
Pembeli: waduuuuuu ayamnya sangat mahal sekali.
Jika dilihat dari contoh diatas dalam berbicara untuk menyampaikan pesan kepada orang lain harus didukung juga dengan kata-kata yang jelas dan pendukung lainya seperti Indra tubuh juga harus mendukung walaupun berbicara juga ga bisa lewat bahasa tubuh.

Ada tiga manfaat mengajarkan komponen berbicara:

1. Mengajarkan individu berani berbicara dengan baik dan benar. Alih-alih kebanyakan pemateri terkadang susah menguasaan ruang bahkan panggung akibat tidak adanya dasar keberanian dalam berbicara, dampaknya bisa dikatakan demam panggung. Namun saat dilatih untuk berani berbicara makan kita bisa menemukan kesalahan dan lewat kesalahan itu seorang individu bisa berbicara dengan baik dan benar.

2. Melatih Individu berbicara dengan baik dan benar. Selalu muncul pertanyaan, apakah perlu seorang individu diajarkan berbicara dengan baik dan benar, padahal sejak kecil tanpa diajarkan mereka sudah bisa berbicara ? Setiap individu sangat perlu dilatih berbicara, jika hal ini tidak diajarkan maka seorang individu akan dianggap gagap dalam berbicara. Itu sebabnya individu jika saat ini masih gagap walaupun sudah dewasa maka sejak anak belum diajak berbicara dengan baik dan benar atau tidak terlatihnya dengan baik.

3. Melatih Individu agar tidak malu berbicara dengan orang. Terkadang banyak individu ingin berbicara dan ingin menyampaikan isi hatinya kepada lawan berbicara atau di forum namun rasa malu membuat ia pendam semua. Hal ini akibat dampak saat kecil tidak dilatih dalam berbicara sehingga ia tumbuh besar menjadi pemalu. Jika sudah terlatih berbicara didepan banyak orang akan berdampak pada keberaniannya dalam menyampaikan ide-ide cemerlang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan