15 Januari 2023 22:15Diperbarui: 15 Januari 2023 22:411620
Glokalisasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kombinasi global dan lokal dalam bisnis dan budaya. Ini mengacu pada proses mengadaptasi produk atau layanan global dengan kebutuhan dan keinginan spesifik pasar lokal, yang memungkinkan perusahaan memperluas jangkauan dan daya tarik mereka ke audiens global sambil juga menghormati dan melayani karakteristik unik dari setiap pasar lokal. Pendekatan ini biasa digunakan oleh perusahaan multinasional agar berhasil di pasar global dan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Glokalisasi dapat mengambil banyak bentuk, mulai dari menyesuaikan produk dan layanan dengan perbedaan budaya lokal, hingga memodifikasi strategi bisnis agar sesuai dengan kondisi pasar lokal.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.