Mohon tunggu...
KOMENTAR
Edukasi Pilihan

Salah Ketik yang Dimaafkan akan Menjadi Kebiasaan

13 Juli 2019   18:28 Diperbarui: 13 Juli 2019   18:33 134 4

Manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Sebesar dan sekecil apapun, itu pasti ada di dalam segala praktik kehidupan manusia. Tidak peduli pula apa gelar yang tersemat pada manusia, kesalahan akan tetap mengikuti segala gerak-geriknya.

Begitu pula pada para penulis. Mereka juga akan selalu tak lepas dari kesalahan. Salah satu kesalahan yang selalu membayangi tindakan para penulis, adalah salah ketik ataupun juga disebut salah tulis. Kalau dulu, tulisan banyak yang masih diwujudkan dengan goresan tinta dan gerakan (ayunan dan geseran) dari tangan. Namun, kini sudah berbeda. Tulisan sudah dapat dihasilkan melakukan ketukan jemari pada keyboard (di gadget) dan menghasilkan tulisan. Bahkan, kini tulisan itu tidak perlu dicetak (printed) namun juga cukup dengan dipublikasikan melalui media online (uploading) ataupun juga dibagikan melalui perpesanan (chatting) antar orang/kelompok.

Inilah yang membuat kesalahan tulis mulai disebut salah ketik (saltik) -berasal dari aktivitas mengetik di gadget (pc/mobile). Saltik bahkan sering dijumpai pada aktivitas chatting. Baik itu di grup maupun dalam obrolan personal antar satu orang dengan satu orang lainnya.

KEMBALI KE ARTIKEL