Mohon tunggu...
KOMENTAR
Kisah Untuk Ramadan

Ramadan dalam Secangkir Kopi Mahabbah dan Sejuta Rasa

21 April 2021   04:27 Diperbarui: 21 April 2021   04:55 378 4

Ramadhan sebagai bulan yang mulia dan sejuta keberkahan tentunya menjadi kita sebagai umat Nabi Muhammad Saw untuk tidak menyisakan kesempatan emas tersebut untuk mengisi dengan ibadah dan amal kebaikan. Kita sudah dua tahun merasakan kehadiran bulan Ramadhan dalam suasana era pandemi Covid-19.

Semangat beribadah dan beramal positif di tengah Pandemi bukanlah penghalang. Ibadah dalam perspektifnya beragam jenis dengan maqasid (tujuan) berharap pahala dan ridha-Nya. Terkadang sebagian kita berasumsi beribadah itu harus direalisasikan dengan shalat, iktikaf, baca Qur'an dan sejenisnya, padahal esensi ibadah itu sangat luas dengan beragam jenis. Bahkan ibadah berkaitan dengan hajat orang lain (orang banyak)  itu lebih baik dari pada ibadah yang orientasinya hanya manfaat untuk diri sendiri.

Duduk bersama mengupas program berkaitan dengan kehidupan banyak orang baik dengan musyawarah dan lainnya juga bernilai ibadah. Fenomena dewasa ini di era millenial kerap kita lihat masyarakat membahas permasalahan dan program kehidupan termasuk bertanya seputar problematika hukum Islam juga di lakukan di Warung Kopi (Warkop).

KEMBALI KE ARTIKEL