Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Kesalahan yang Jarang Diperhatikan Job Seeker dalam Membuat CV

2 November 2013   14:29 Diperbarui: 24 Juni 2017   12:38 6093 1
Cara, Tips & Trik Membuat Riwayat Hidup /Curriculum Vitae (CV) Beserta Contoh untuk fresh graduates dan profesional #JOB HUNTING PREPARATION Memperoleh posisi strategis dalam pekerjaan di perusahaan idaman adalah impian semua pencari kerja. Namun, tentunya itu bukalah hal yang mudah diraih. Setiap tahunnya, ribuan sajana dilantik oleh ratusan perguruan tinggi di seluruh penjuru tanah air. Semua perusahaan tentunya akan menjaring calon-calon terbaik diantara yang terbaik dan kemudian akan dijadikan karyawannya. Indeks prestasi kumulatif yang tinggi dan segudang pengalaman tidak menjamin seseorang langsung mendapat pekerjaan yang sesuai. Tetntunya terlebih dahulu harus melewati beberapa seleksi yang diselenggarakan oleh perusahaan. Satu hal yang sangat penting dalam tahap pertama atau administrasi adalah penyeleksian berkas, termasuk riwayat hidup atau curriculum vitae calon karyawan. Bagaimana pun,curriculum vitae adalah citra yang dapat menggambarkan secara singkat kompetensi dan daya jual calon pegawai. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas untuk membuat resume yang menarik. Berikut beberapa hal yang sering diabaikan para pencari kerja dalam membuat CV dan tips untuk menaikkan daya jual calon pegawai dimata perekrut calon pekerja. Dibawah postingan ini juga terdapat contoh CV dalam bahasa inggris dan Indonesia (format Microsoft Word), yang dapat anda unduh langsung. Format Penulisan: 1. Ukuran kertas A4 (21,0 cm x 29,7 cm)-Ukuran ini sangat berpengaruh pada penilaian kerapian anda. Tentunya perekrut ingin memperoleh calon karyawan yang dapat bekerja secara rapi dan teratur. Usahakan ukuran kertas lembar CV seragam dengan dokumen yang anda lampirkan. Kertas ukuran A4 menjadistandard dokumen persuratan di banyak perusahaan. PENTING : Lakukan pengaturan ukuran kertas saat menulis CV anda di Microsoft Word dan gunakan kertas ukuran A4 saat mencetaknya. 2. Pengaturan Margins yang Proporsional-Margins yang dimaksud adalah jarak antara tepi terluar kertas dengan posisi tulisan pertama yang terdekat. Baik dilihat dari sisi atas, bawah, samping kiri atau kanan. Banyak orang yang tidak mempedulikan hal ini. Mereka cenderung tidak mangaturnya atau menggunakan pengaturan default dari Microsoft Word. Padahal dalam beberapa kepentingan, seperti lomba karya tulis ilmiah maupun penulisan tugas akhir/skripsi, bisa berakibat sangat fatal jika anda tidak mengaturnya sesuai yang dianjurkan. Begitu pula dalam menulis CV. Memang belum ada aturan resmi mengenai hal ini. Tetapi pemilihan margins yang tepat, sehingga membuat kenyamanan bagi orang yang membaca CV anda, bisa jadi tambahan poin positif oleh perekrut. Adapun, pengaturan yang biasa saya gunakan adalah Top : 1", Bottom : 1", Left : 1", Right: 1". 3. Line spacing -Pengaturan line spacing adalah jarak spasi pergantian tiap baris ketika kita mengetik(bukan saat menekan tombol enter). Sama halnya, dengan margins pemilihan line spacing yang tepat berfungsi untuk memberi kenyamanan pada pembaca. Untuk penulisan tugas akhir biasanya menggunakan format 1,5 atau mungkin 2 (double) spasi. Namun, untuk koran yang memuat berita sangat banyak, dengan jumlah halaman yang sudah dibatasi, jarak antar barisnya sangat mepet. Untuk penulisan CV sendiri, tentunya kita ingin perekrut (yang memiliki waktu sangat singkat dan memiliki ratusan CV untuk diseleksi) dapat membaca semua isi CV kita dengan nyaman. Biasanya saya gunakan 1,15. Berikut gambaran pengaturan line spacing

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun