Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Teknologi sebagai Media Pembelajaran Generasi Milenial

10 Desember 2022   09:51 Diperbarui: 10 Desember 2022   10:00 183 0
TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GENERASI MILENIAL

Oleh: Anisaarifa

Mahasiswa IAIN Metro

Teknologi merupakan sarana yang diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan bahwa handphone genggam yang sering kita bawa telah mempermudah manusia dalam berkomunikasi, pesawat terbang yang mempermudah manusia dalam menempuh jarak ribuan kilometer atau televisi yang membuat manusia bisa tau kabar dunia dari layar kaca. Baik maupun tidak, teknologi telah memiliki peran serta pengaruh dalam kehidupan manusia.

Apa Itu Generasi Milenial?

Saat ini,jika mendengar kata generasi millenial mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mereka yang dikatakan generasi millenial adalah manusia yang lahir pada tahun 1980-2000. Generasi ini juga dikenal sebagai generasi Y, generasi digital atau generasi N. Generasi millenial dikenal dengan generasi pertama dimana terdapat komputer hampir disetiap rumah mereka. Seseorang yang masuk dalam kelompok generasi millenial merupakan generasi yang tidak bisa terlepas dari komputer/gadget/internet setiap harinya. Dapat dikatakan, kebutuhan mereka untuk mengakses internet dapat mengalahkan kebutuhan mereka untuk makan, tidur atau bermain.

Teknologi sebagai media untuk mendapat informasi materi pelajaran

Sekarang ini, bisa dikatakan hampir semua informasi yang kita butuhkan bisa kita akses melalui internet. Dengan bermodalkan paket internet, kita hanya tinggal mengetik kata kunci tersebut pada mesin pencari dan beberapa detik kemudian kita bisa mendapat banyak alternatif situs/web/blog yang menyediakan informasi tersebut.

Hal tersebut juga berlaku untuk dunia pendidikan. Dengan melakukan browsing kita bisa menemukan dan mengetahui banyak informasi mengenai materi pelajaran yang ada di sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Kenyataan ini membuat para pelajar dapat mengetahui lebih awal mengenai materi dan bahan ajar mereka sebelum guru menerangkannya di sekolah.

Teknologi sebagai media untuk meng-explore pengetahuan

Sebagai sesuatu yang baru, keberadaan teknologi unggulan disikapi dengan pandangan positif. Saat ini banyak sekolah yang sudah menerapkan pola belajar mengajar yang baru untuk menyesuaikan diri dengan karateristik dari generasi yang disebut millenial ini. Proses belajar mengajar yang awalnya hanya berlangsung satu arah, yakni guru menjelaskan materi pelajaran dari A-Z dan murid hanya mendengarkan dan mencatat, kini sudah berganti menjadi sistem belajar dua arah. Dalam hal ini artinya guru tidak hanya bertindak sebagai pemberi kerja, tetapi juga sebagai fasilitator agar dapat memenuhi harapan siswa untuk mengetahui lebih dalam dan detail mengenai materi yang sedang diberikan.

Dalam proses belajar seperti ini, guru dapat membuat sebuah sistem pembelajaran dimana para murid sebelumnya diharuskan mencari bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan, memahami materi tersebut di rumah dan kemudian membuat sebuah diskusi kecil di kelas. Metode seperti ini dapat membuat pelajar lebih memahami bagaimana kondisi nyata dari setiap materi yang diajarkan dan bagaimana mengaplikasikan  nya didalam kehidupan.


Teknologi sebagai perantara guru dan pelajar

Dalam pertukaran sebuah informasi manusia tidak hanya dapat mengandalkan kondisi tatap muka alias harus bertemu terlebih dahulu baru bisa saling berkomunikasi. Kita bisa berkomunikasi melalui berbagai media, seperti email, SMS, Instant Messanger atau bahkan bertukar informasi melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan path. Generasi milenial menyukai hal tersebut. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh institusi pendidikan dalam menyebarkan materi bahan belajar atau tugas yang harus dikerjakan oleh para siswa-siswinya.

Teknologi sebagai katalisator mutu pendidikan

Pada dasarnya, mutu pendidikan suatu institusi tidak hanya ditentukan oleh ketersediaan fasilitas pendidikan, seperti komputer/laptop dan akses internet. Namun adanya fasilitas teknologi di dalam sebuah institusi pendidikan dapat mendorong siswa/i di dalamnya untuk aktif dalam mencari berbagai informasi terkait materi pelajaran yang sedang mereka pelajari. Dengan aktifnya mereka meng- explore materi pelajaran yang ada membuat pengetahuan dan cara berpikir mereka semakin luas.

Berbagai peran positif yang dihadirkan dengan adanya teknologi diharapkan dapat membuat sebuah lingkungan belajar mengajar yang kondusif. Khusus untuk generasi millenial yang sangat tergantung dan menyukai keberadaan komputer dan internet dalam setiap aktifitas mereka, perubahan pola dan sistem pengajaran yang memanfaatkan dua teknologi tersebut sangatlah diharapkan.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun