Mohon tunggu...
KOMENTAR
Vox Pop Pilihan

Kader "Gembol" Tak Pikir Pamrih

17 September 2022   09:08 Diperbarui: 17 September 2022   09:12 84 5

Kader itu orang-orang andalan suatu organisasi yang militan. Lazimnya dipersiapkan untuk mendukung jalannya organisasi serta pelaksanaan berbagai kegiatan program.

Begitu juga kader-kader di Desa. Hampir semua sektor yang programnya masuk desa, membentuk kader demi lancarnya pelaksanaan kegiatan.

Begitu deras luncuran kegiatan program masuk desa yang harapannya bermuara pada Kesejahteraan masyarakat lewat kemasan pembangunan desa. Tentu saja semua butuh tenaga kader yang bersedia mengawal upaya pencapaian tujuan program.

Namun kebutuhan kader yang tinggi terhadang oleh terbatasnya sumber daya manusia yang ada di Desa. Walhasil jadilah  para kader yang ada menyandang predikat "Kader Gembol".

Gembol dalam bahasa Sunda berarti "gendong". Ya nyatanya mereka memang harus menggendong tugas dan tanggung jawab yang  beragam. Atasannya banyak, perintah yang harus dilaksanakan juga tidak sedikit. Dari mulai urusan Administrasi sampai menggerakan sasaran, penyuluhan dan banyak lagi.

Persoalan dan hambatan pun beraneka macam. Terkadang harus dihadapi sendiri. Tidak jarang kebingungan sendiri, kepada siapa harus berkonsultasi. Orang yang seharusnya mendampingi tidak jarang tak dapat memberi solusi. Belum lagi masalah transportasi yang dalam keadaan emergensi harus ditanggung dari kantong sendiri.

Tetapi mereka tetap bersemangat tinggi, berdedikasi mengabadikan diri bagi Kesejahteraan anak negeri. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun