Beberapa Penelitian tentang Modal Sosial dan Pendidikan (2)
2 April 2013 09:15Diperbarui: 24 Juni 2015 15:5213250
Israel et al. (2001) dengan menggunakan data longitudinal menemukan bahwa proses modal sosial dan struktur modal sosial (dua atribut modal sosial) merupakan dua faktor kunci yang mempengaruhi prestasi pendidikan siswa sekolah menengah (Fullarton, 2002). Sandefur et al., (1999) melaporkan bahwa bentuk-bentuk modal sosial mempengaruhi pencapaian sekolah pada pengukuran mutu hubungan sosial dan dukungan – dukungan yang berhubungan dengan beragam bentuk modal sosial. Lamanya bersekolah juga mengakibatkan tingginya modal sosial. (Milligan et al., 2004, Helliwell and Putnam, 2007, Gleaser et al., 2007 seperti dikutip oleh Alghan (2011). Lamanya bersekolah juga memiliki manfaat lain yang dibutuhkan siswa yaitu manfaat yang selain berkenaan dengan keuangan (Oreopoulos and Salvanes, 2011). Cueto et al. dengan penelitian di Amerika Latin (2005) juga menemukan bukti pendukung tesis adanya kaitan antara modal sosial dengan prestasi pendidikan.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.