Mohon tunggu...
KOMENTAR
Edukasi

Mitos Bedong Dalam Pandangan Orang Kampung

12 Desember 2012   08:25 Diperbarui: 24 Juni 2015   19:48 4492 0

Tulisan ini berawal dari obrolan dengan ibu mertua saat kelahiran anak pertama ditambah dengan pengalaman masa lalu yang hingga kini masih saya ingat. Ceritanya begini, duahari setelah istri melahirkan anak pertama, saya sempat bertanya sama ibu mertua, baiknya si kecil di bedong atau tidak bu? Lalu beliau bilang tidak usah, semua anak ibu tidak ada yang dibedong dan kaki mereka semuanya bagus bagus tidak ada yang letter O. jadi kepikiran, betul tidak ya pernyataan beliau? Saking penasarannya, pernyataan itu menjadi PR dan memancing saya untuk mengetahui lebih jauh kira kira faktor apa saja yang membuat kaki bayi membentuk leter O seperti layaknya kaki para pemain sepak bola.

Boleh dibilang pernyataan ibu mertua diatas ternyata memiliki korelasi dengan cerita masa lalu. Waktu itu kalau tidak salah sekitar tahun 1999 saya pernah mengikuti seleksi calon anggota paskibraka tingkat kota bogor. Walau bermodalkan nilai raport alakadarnya, ditambah sedikit pengalaman berorganisasi di sekolah alhamdulilaah saya bisa lolos dengan hasil cukup memuaskan walau dalam penseleksian akhir oleh panitia penentu akhir (PANTUHIR) saya sempat menghadapi sedikit masalah.

Masalah bermula saat seluruh peserta diminta memperagakan jalan santai/langkah biasa, kemudian salasatu dari tim penilai/pembinaan paskibraka mendekati saya dan mendapati bahwa kaki bagian kiri terlihat mengalami kelainan. Kalau dilihat dari kejauhan kaki bagian kiri terlihat membentuk huruf O dan ini sangat tidak baik jika di lihat pada saat melaksanakan baris berbaris. Dengan pertimbangan nilai tes akademis dan kepemimpinan yang lumayan baik, akhirnya saya masih tetap di terima dengan catatan harus memperbanyak lariagar ukuran betis bisa lebih berisi sehingga kaki O saya dapat sedikit tertutupi.

Dari kejadian cerita di atas, muncul pertanyaan.. Apa betul faktor yang menyebabkan terbentuknya kaki letter O tersebut karena faktor bedong seperti yang dibilang ibu mertua? Setelah saya tanyakan masalah ini pada kakak, beliau mengatakan bahwa anaknya bapak/ibu semasa kecil (mulai dari anak pertama sampai adik yang bungsu semuanya hampir dipastikan melewati proses bedong), beberapa waktu kebelakang saya pun sempat berselancar didunia maya, Alhasil disana ditemukan artikel menarik seputar seberapa penting kah pembedongan bagi bayi dan seberapa besar dampaknya.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun