Mohon tunggu...
KOMARIAH
KOMARIAH Mohon Tunggu... Guru - ABDI NEGARA DI SDN KEDUNGSUKUN 01

Saya adalah salah satu calon guru penggerak angkatan ke-7 dari Kabupaten Tegal.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Jurnal Dwi Mingguan

3 Desember 2022   05:02 Diperbarui: 3 Desember 2022   06:53 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 1.3

 Setiap selesai  mempelajari 1 modul Pendidikan Guru Penggerak , maka diakhir modul ada perintah untuk menuliskan jurnal refleksi setiap dua minggu sekali atau sering disebut Jurnal Refleksi Dwi Mingguan. Tujuannya untuk merefleksikan rangkaian kegiatan selama mempelajari 1 modul tersebut. Ada berbagai macam model untuk menulis Jurnal Refleksi , diantaranya model 4F atau 4P seperti yang saya gunakan ini. 

FACTS  ( Peristiwa )

Pada modul 1.3 ini, saya mempelajari bagaimana menyusun visi sebagai guru penggerak melalui gambaran impian murid saya di masa depan. Pembelajaran ini diawali dengan sebuah refleksi pada alur mulai dari diri. Pada alur ini, kita diminta untuk menggambarkan bagaimana murid kita di masa depan. Pada tugas ini saya memimpikan murid saya yang merdeka,berkarakter dan berprofil pelajar Pancasila

          Pada alur eksplorasi konsep terdapat hal menarik yang saya peroleh yaitu saat ditugaskan untuk berlatih membuat alur tahapan BAGJA untuk mewujudkan prakarsa perubahan yang akan dilakukan. Pada tahapan ini saya menyusun prakarsa perubahan dari visi yang telah saya buat yaitu mewujudkan murid yang merdeka, berkarakter dan berprofil pelajar Pancasila.

          Tepat tanggal 22 November, saya untuk pertama kalinya melakukan pendampingan individu oleh ibu Lili Amaliah, yang untuk pertama kalinya datang ke sekolah kami yang baru di SD Negeri kedungsukun 01. Sebelumnya saya mengajar di SD Negeri Pagiyanten 01, per 1 November saya mendapat SK mutasi ke SDN Kedungsukun 01. Namun saya baru melaksanakan tugas di SD yang baru pada tanggal 16 November.

          Pendampingan individu merupakan hal baru buat saya, yang awalnya deg-degan seketika cair dengan sendirinya. Saya bersyukur mendapat Pengajar Praktik seperti Bu Lili, beliau orangnya ramah sehingga saya merasa nyaman . Saat Pendampingan Individu ( PI ) saya diajak untuk merefleksikan diri mengenai modul yang sudah saya pelajari yaitu modul 1.1 Filosofi KHD dan modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak. Saya semakin termotivasi dan semangat lagi untuk mengarungi proses pendidik calon guru penggerak ini, karena saya sendiri sudah mendapatkan manfaat yang banyak, Semoga Allah selalu membimbing saya untuk selalu menjadi virus penebar kebaikan meskipun hal tersebut tidak mudah.

           Selanjutnya kami untuk pertama kalinya pula melaksanakan lokakarya 1, yang bertempat di SMA Negeri 2 Slawi pada Sabtu, 26 November 2022, dimana tema kali ini adalah komunitas praktisi, yang awalnya saya merasa deg-degan akan menjumpai seperti apa dalam lokakarya 1, namun semua itu sirna saat kami bertemu dengan 2 pengajar praktik yang hebat - hebat yaitu Bapak Kartono dan Ibu Lili Amaliah. Saya juga pertama kalinya bertemu dengan teman-teman dari kelompok A1 secara nyata. Biasanya kami hanya bertemu di ruang kolaborasi secara virtual. Kami dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 7 orang. Banyak sekali permainan dan ilmu yang sangat bermanfaat terkait komunitas praktisi.

          dalam lokakarya 1 kami diawali dengan perkenalan  untuk mencairkan suasana, kami diajak untuk melakukan ice breaking tentang pembagian ( bilangan yang dapat dibagi 3)  

           dilanjutkan dengan kelas materi kepemimpinan. Diawali dengan melakukan permainan mengambil bola dengan mata tertutup.Barisan paling  depan yang bertugas mengambil bola matanya ditutup, barisan belakang yang matanya tidak ditutup bertugas untuk mengarahkan. Dari permainan tersebut kita bisa mengaitkan dengan materi kepemimpinan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun