Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aerophile | Aviation Enthusiast

The skies may be between places but the sea is always home to me.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Akan Melakukan Perjalanan Udara? Cek Dulu Cuaca di Bandara Tujuan

29 November 2022   06:58 Diperbarui: 29 November 2022   07:03 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto : Pixabay.com

Mungkin banyak dari kita yang sering tidak terlalu memperdulikan ramalan cuaca walaupun fitur smartphone terkini sudah dilengkapi ramalan cuaca yang selalu terupdate.

Akan tetapi bagi kita yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, ramalan cuaca bisa menjadi informasi yang penting dan dibutuhkan karena akan berguna untuk mengantisipasi keadaan cuaca di tujuan.

Kita pastinya ingin segalanya lancar saat tiba di tujuan termasuk pula saat meninggalkan bandara, dengan mengetahui ramalan cuaca sebelumnya maka kita tidak terlalu stress dan sudah menyiapkan segala sesuatunya.

Dan bagi yang tidak menyukai terbang di cuaca buruk seperti musim hujan tiba serta untuk menghindari bumpy flight, ramalan cuaca bisa membuat kita menentukan waktu penerbangan dengan maskapai di keadaan cuaca yang tidak terlalu buruk.

Terbang dalam keadaan cuaca buruk akan selalu dihindari walau pesawat modern saat ini sudah dilengkapi dengan fitur canggih sekalipun, namun kita bisa mendapat gambaran cuaca yang kita akan hadapi ketika ingin melakukan perjalanan udara.

Ramalan cuaca berbagai kota di dunia memang tersedia di berbagai platform akan tetapi akan lebih afdol bila kita melihat ramalan cuaca pada bandara keberangkatan dan kedatangan sebagai tambahan informasi disamping ramalan cuaca di perkotaan.

Mengapa demikian ?

Keadaan cuaca bisa berbeda beda pada berbagai lokasi walau dalam satu wilayah seperti hujan yang hanya terjadi secara lokal, disamping itu pula dengan mengingat bahwa fase takeoff dan landing adalah fase yang sangat penting dalam keseluruhan penerbangan.

Selain itu aerodrome atau lapangan terbang pada dasarnya merupakan kawasan terbuka yang tidak ada halangan(obstacles) seperti bangunan tinggi, oleh karenanya kondisi cuaca dan angin bisa tidak sama dengan lokasi dengan banyak bangunan seperti perkotaan.

Ramalan cuaca pada bandara bandara banyak tersedia di banyak di situs penerbangan seperti flightaware, flightstats dan flightaware atau bisa juga dengan menanyakan ke mesin pencari dengan kata kunci "cuaca bandara", " airport weather" ataupun "metar taf'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun