Mohon tunggu...
William Giovanni
William Giovanni Mohon Tunggu... Penulis - Financial Services and Tech Enthusiast

| Financial Services and Tech Enthusiast | Investor Saham dan SBN Ritel (yang Masih Belajar) |

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Bangkitkan Ekonomi Masyarakat dengan Pesona Wisata Olahraga di Mandalika

18 November 2021   23:37 Diperbarui: 19 November 2021   00:08 124 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Wisata Olahraga di Mandalika

Pantai Kuta Mandalika, sebuah pantai dengan keindahannya yang terkenal di kawasan wisata Mandalika, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pesona keindahan pantai, menjadi daya tarik tersendiri. 

Hal itulah yang menjadikan Mandalika, menjadi satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP) yang ditetapkan oleh pemerintah. Awalnya saya mengira, DSP Mandalika hanyalah sebatas menawarkan keindahan pantai semata.

Pendapat saya tentang Mandalika, ternyata saya keliru. Saat baru menyadari, bahwa keindahan dan potensi wisata Mandalika, lebih dari itu. Pantai Kuta Mandalika, hanyalah satu banyaknya pesona wisata di DSP Mandalika. 

Besarnya Potensi Ekonomi Wisata Olahraga, Tidak Boleh Dilewatkan

Selain menawarkan keindahan pantai, Mandalika akan menjadi tuan rumah berbagai ajang balap kelas dunia. Acara terdekat yang akan berlangsung, yaitu: World Superbike (WSBK) 2021, berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Nama resmi Sirkuit Mandalika). Menjelang berlangsung kegiatan itu, ada rangkaian kegiatan lain yang berlangsung.

Ilustrasi Sirkuit Mandalika
Ilustrasi Sirkuit Mandalika
Salah satunya kegiatan triathlon yang sudah, juga masih akan terus berlangsung di Mandalika. Ada potensi ekonomi yang besar dari pariwisata olahraga (sport tourism) begitu besar, sehingga tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Menurut The United Nations World Tourism Organization (UNWTO). Sektor sport tourism merupakan, salah satu industri yang perkembangannya paling cepat di industri pariwisata. Potensi ekonomi dari sport tourism mencapai Rp18.790 Triliun, 10% dari total potensi ekonomi dari industri pariwisata di dunia.

Bayangkan betapa besarnya, potensi ekonomi dari sport tourism bagi perekonomian Indonesia. Berlangsungnya acara World Superbike (WSBK) 2021 dan triathlon di DSP Mandalika. Menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Hal ini akan meningkatkan besaran, pendapatan masyarakat lokal di Mandalika.

Pengalaman Berbeda Triathlon, Berlari Mengeliling Sirkuit Mandalika

Salah satu ajang triathlon yang sudah berlangsung, Hutama Karya (HK) Endurance Challenge yang sudah digelar di Mandalika, NTB pada 15-17 Oktober 2021. Para peserta menempuh jarak sekitar 123 kilometer dari Gili Air Lombok Utara hingga Mandalika, Lombok Tengah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan