Mohon tunggu...
Ko In
Ko In Mohon Tunggu... Wiraswasta - Berikan senyum pada dunia krn tak sedikit yg berat beban hidupnya

Mendengar dan bersama cari solusi.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Gue Sehat, Loe Gimana?

9 November 2017   23:28 Diperbarui: 10 November 2017   22:44 695
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerita tentang biduren

Pertayaan yang kerap muncul di tempat lelayu, tempat orang meninggal saat  melayat ke rumah duka seorang kenalan, tetangga, teman kerja atau sahabat lama. Umumnya seputar penyebab meninggalnya almarhum. Lama tidak mendengar kabar berita, tiba-tiba mendapat kabar duka. Sehingga menimbulkan pertanyaan, apakah almarhum menderita sakit sebelumnya.

Pertanyaan yang wajar dan umum menjadi bahan perbincangan diantara sesama pelayat.  Dari jenis penyakit almarhum, lama penyakit yang di derita, mendapat perawatan dimana dan sejenisnya. 

Dari cerita sakit almarhum, berlanjut menjadi  cerita penyakit yang pernah dialami salah satu pelayat, yang duduknya tidak jauh dari saya. Bercerita tentang tangan dan kakinya merah bentol-bentol disertai gatal. Kenalan baru bertanya kira-kira kenapa? Jawab saya singkat, alergi seperti apa yang pernah saya alami.

Setelah ngobrol panjang lebar, kenalan tersebut mengungkapkan jika kedinginan selalu muncul bentol-bentol merah tetapi jika didekatkan ke nyala api langsung hilang. 

www.tradisional.org
www.tradisional.org
"Itu alergi dingin, supaya tidak kambuh, saat dingin mencari tempat yang hangat," jawab saya penuh keyakinan. Kemudian kenalan tersebut menanggapi dengan menjelaskan nama penyakit. "Dulu orang menyebutnya biduren..." tambahnya.

Cari tahu jenis penyakit, perhatikan peringatan

Usai upacara pemakaman, percakapan singkat tersebut membuat saya penasaran akan kata biduren yang akrab di telinga waktu kecil. Saya ingin mencari istilah ilmiah medisnya. Tujuannya ingin mengetahui apa, bagaimana dan mengapa seseorang dapat mengalami biduren. Seperti yang pernah saya alami waktu kecil.

Saat mencari istilah biduren  di internet, saya  teringat fitur Symptom Checker  di situs GueSehat. Langsung saya buka situs ini, tujuannya untuk mengerti jenis penyakit apa sebenarnya biduren tersebut. 

Saat klik Sakit Apa lanjut Symptom Checker langsung muncul tampilan peringatan di layar laptop.

www.guesehat.com
www.guesehat.com
Setelah klik, "Ok" saya mengetik kata kunci ruam merah sebagai gejala penyakit yang pernah saya alami dan yang diceritakan kenalan baru tadi. Setelah beberapa kali mengetik kata ruam, saya menjadi paham. Mengapa GueSehat memberikan peringatan dengan tulisan "Perhatian" berserta penjelasannya yang cukup lengkap.

Pertama, kata kunci seperti ruam merah merupakan symptom atau gejala untuk beberapa penyakit. Tidak hanya untuk penyakit biduren atau urtikaria sebagaimana yang saya pikirkan sebelumnya. Sebab saat melihat hasil list atau daftar ruam merah muncul beberapa pilihan terkait ruam merah. Ada ruam kupu-kupu pada pipi. Ruam yang muncul saat demam atau ruam kemerahan pada kulit kepala. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun