Mohon tunggu...
Klinik Akuntansi
Klinik Akuntansi Mohon Tunggu...

www.klinikakuntansi.com\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nIntegrated Accounting System Consultant\r\nFor Growth and Expand Your Business\r\n\r\nSebagai perusahaan konsultan akuntansi dan bisnis terpercaya Klinik Akuntansi - Pelayan UKM Spesialis Sistem Akuntansi Moderen - sangat responsif terhadap perkembangan dunia usaha kecil-menengah di Indonesia khususnya di Riau-Kepulauan Riau yang saat ini telah menjadi salah satu kota industry terbesar di Indonesia. Dengan niat tulus untuk menjadi salah satu pilar penopang perekonomian umat, Kami berperan aktif dalam memajukan masyarakat dan membantu membangun manajemen akuntansi perusahaan-perusahaan secara jujur, tersistem dan terarah. Sekarang kami hadir di Kompasiana untuk mempermudah Anda memperoleh informasi apapun mengenai implementasi sistem manajemen akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Beda Jurnal Penyesuaian, Jurnal Penutup, dan Jurnal Pembalik

13 Mei 2014   18:33 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:33 0 0 0 Mohon Tunggu...

Ketiga jurnal sebagaimana tertera dijudul sekilas terlihat memiliki kedekatan dalam penerapannya. Namun ketiga jurnal tersebut memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Seperti apa beda jurnalnya? Berikut penjelasannya untuk Anda.

1.Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam akun sehingga saldo mencerminkan jumlah yang sebenarnya. Jurnal digunakan untuk menyesuaikan keadaan yang sebenarnya baik pendapat maupun beban. Jurnal penyesuaian ini berguna untuk menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode sehingga sesuai dengan saldo riil. Disamping itu jurnal penyesuaian juga berguna untuk menghitung pendapatan dan beban selama periode bersangkutan.

2.Jurnal penutup adalah jurnal yang ayat jurnal yang dibuat pada akhir priodeakuntansi untuk menutup rekening-rekening nominal sementara. Akibat penutupan ini maka rekening-rekening ini pada awal periode akuntansi saldonya menjadi 0 (nol).Akun yang ditutup adalah akun-akun nominal dan akun-akun pembantu modal( akun nominal=pendapatan beban sedangkan akun pembantu modal=prive dan ikhtisar (l/r).

3.Jurnal pembalik adalah jurnal untuk membalik jurnal penyesuaian yang menimbulkan akun neraca. Jika tidak dibalik akan terjadi akun ganda. Dengan kata lain jurnal pembalik adalah jurnal jurnal yang dibuat pada awal periode akuntansi berikutnya untuk membalik jurnal penyesuaian yang menimbulkan perkiraan riil baru. Tujuan pembuatan pembalik tersebut ada dua; yang pertama bertujuan untuk menyederhanakan pembuatan jurnal pada periode berikutnya. Sehingga dengan dibuatnya jurnal pembalik, akan sangat bermanfaat bagi perusahaan yang membuat jurnal dengan jumlah yang banyak.

Tujuan lainnya dari jurnal pembalik itu adalah untuk meminimalkan kekeliruan yang mungkin terjadi dalam proses pencatatan. Jurnal pembalik itu sendiri digunakan sebagai pembalik jurnal penyesuaian. Maksudnya jika di jurnal penyesuaian ayat jurnal penyesuaian menunjukkan debit maka untuk jurnal pembalik ayat jurnal ini diletakkan sebelah kredit dan sebaliknya. Perlu diingat, tidak semua jurnal penyesuaian perlu dibalik tapi hanya beban akrual yang memunculkan hutang dan pendapatan akrual yang memunculkan piutang. Beban akrual adalah beban yang ditangguhkan pembayarannya dan pendapatan akrual adalah pendapatan yang masih harus diterima.

Penyusunan jurnal pembalik dalam proses atau siklus akuntansi adalah opsional, artinya kita boleh membuat jurnal pembalik dan kita juga boleh tidak membuat jurnal pembalik. Namun jika dibuat akan memberikan manfaat sebagaimana dijabarkan diatas.

VIDEO PILIHAN