Mohon tunggu...
Klik
Klik Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Jawa Barat Ungguli Pasar Busana Muslim

20 Maret 2019   16:32 Diperbarui: 20 Maret 2019   16:38 59 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jawa Barat Ungguli Pasar Busana Muslim
Jawa Barat siap merajai pasar busana muslim di dunia (Foto: Okezone)

Dengan banyaknya desainer busana muslim di Indonesia, Jawa Barat siap menjadi trendsetter di dunia. Terbukti, para perancang busana pun sudah banyak dikenal dengan karya-karyanya di mancanegara.

Makin hari busana muslim bukan hanya menjadi penutup aurat, dipakai untuk ibadah ataupun acara tertentu. Namun, busana muslim sudah dipakai setiap saat serta menjadi kebutuhan bagi masyarakat kebanyakan. Itu menunjukkan jika busana muslim memiliki akses yang semakin terbuka luas. 

Menurut Netty Ahmad Heryawan, selaku Ketua Dekranasda Jawa Barat, kepada Okezone, di Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat. "Kita memiliki kolaborasi dalam beberapa program serta membuka peluang untuk pasar luar negeri." tuturnya.

Jawa Barat sendiri siap menjadi provinsi yang bisa mewujudkan impian Indonesia menjadi salah satu kiblat fesyen muslim dunia. Bahkan, Netty optimis busana muslim akan menjadi ikon di provinsinya. " Dari Jawa Barat lah kita akan membuatnya menjadi trendsetter busana muslim di dunia," imbuhnya.

Tentu saja optimisme tersebut memiliki alasan. Jawa Barat sendiri memang gencar meningkatkan dan mengembangkan fesyen muslim. Terlihat dari banyaknya tren busana muslim terbaru yang diciptakan oleh para desiner kreatif lokal. Desainer-desainer tersebut juga tergabung di Ikatan Perancang Busana Muslim (IPBM) Jawa Barat.

"Dalam IPBM ini, desainer yang terkumpul bukan hanya berkelas dalam merancang busana muslim di Jawa Barat, tetapi sebagian sudah dikenal di mancanegara," tutupnya.

Pasar Busana Muslim di Pulau Jawa Sumber: Okezone
Pasar Busana Muslim di Pulau Jawa Sumber: Okezone
Mengenai kontribusi berbagai sektor perekonomian kota Bandung menunjukkan bahwa dalam rangka mewujudkan visi kota Bandung yang unggul, nyaman dan sejahtera melalui misi pembangunan ekonomi yang kokoh, maju dan berkeadilan. Dinas koperasi UKM dan perindustrian perdagangan kota Bandung sebagai salah satu perangkat daerah memprediksi kota Bandung akan menjadi kekuatan ekonomi baru baik ditingkat regional maupun nasional. 

Salah satu bidang usaha yang memiliki peluang besar adalah fashion, banyak pelaku usaha yang berupaya mengembangkan bisnis fashion baik modern hingga tradisional seperti busana muslim. Para pelaku usaha berupaya membuat konsep yang menarik untuk membuat konsumen mendatangi tempat usahanya sebagai upaya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen serta dapat menghasilkan keutungan bagi perusahaan. Salah satu yang diminati oleh pelaku bisnis adalah membuka bisnis fashion tradisional yaitu busana muslim. Sehingga membuat pelaku bisnis busana muslim tertantang untuk menciptakan karya yang lebih bagus lagi.

Sumber: Okezone

VIDEO PILIHAN