Mohon tunggu...
KKNUPIDevi MuhamadRamdhan
KKNUPIDevi MuhamadRamdhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Program KKN tematik Upi 2021 gelombang 2

pembuatan media artikel untuk merangkai kegiatan yang telah di laksanakan selama KKN berlangsung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Percobaan Kegiatan Belajar Mengajar Secara Luring di SD MIFTAHUL IMAN

25 September 2021   23:00 Diperbarui: 25 September 2021   23:03 45 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) merupakan penyakit menular yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini dapat menular dengan cepat dan telah menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Untuk mengatasi penyebaran virus tersebut maka diberlakukan beberapa kebijakan diantaranya adalah lockdown. 

Indonesia telah menerapkan kebijakan tersebut yaitu dengan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Kota Bandung saat ini telah mencapai PPKM Level 3 sesuai dengan terbitnya Peraturan Wali Kota (Perwal) No.83 Tahun 2021 tentang Level 3 memutuskan pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk satuan pendidikan dapat melakukan pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh.

SD Miftahul Iman merupakan salah satu sekolah dasar yang terdapat di Jl.Dr.Setiabudhi, Kota Bandung. SD Miftahul Iman juga ikut merasakan dampak daripada pandemi ini. 

Kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pada saat pembelajaran daring menyebabkan beberapa permasalahan dimulai dari orangtua siswa yang kurang paham menggunakan aplikasi media pembelajaran online, jaringan internet yang tidak stabil dan ketersediaan kuota internet yang kurang mencukupi untuk pembejalaran online.

dokpri
dokpri

Dari berbagai permasalahan tersebut saya selaku mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mendedikasikan kepada siswa SD Miftahul Iman untuk mendampingi siswa dan orangtua siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran daring menggunakan media yang mudah digunakan oleh semua kalangan seperti media WhatsApp. 

Pada pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertemakan literasi dimana terdapat beberapa kegiatan mengajar seperti literasi baca tulis, numerasi dan sains. 

Pendampingan kegiatan mengajar melalui daring ini terdapat berbagai macam kegiatan seperti kegiatan literasi numerasi untuk pembelajaran Matematika seperti bilangan pecahan, kegiatan literasi sains dan literasi tentang pupuh yang ada di pelajaran Basa Sunda Kelas 5 SD. 

Tak hanya itu pendampingan kegiatan literasi baca tulis dalam hal religius seperti penghafalan surat-surat di Al-Qur'an dengan disertai pembuatan video hafalan tersebut. Kemudian pendampingan siswa dalam tema literasi sains yang membahas tentang sistem penceraan organ tubuh manusia.

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan