Mohon tunggu...
KKN UM Tenggiring
KKN UM Tenggiring Mohon Tunggu... Mahasiswa

Kelompok Mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang di Desa Tenggiring, Lamongan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menarik Keindahan Potensi Desa Tenggiring dengan Video Profil

23 Juli 2021   01:26 Diperbarui: 23 Juli 2021   01:29 25 0 0 Mohon Tunggu...

Desa Tenggiring, Kecamatan Sambeng,  Kabupaten Lamongan merupakan salahsatu desa di sisi selatan Kabupaten Lamongan dengan berdekatan wilayah Kabupaten Jombang dan Kabupaten Mojokerto yang mepunyai keindahan potensi cukup menarik. Keindahan potensi yang dimiliki Desa Tenggiring akan tertutup rapat jika tanpa ada publikasi yang baik. 

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN UM 2021 Edisi Pulang Kampung membuat program kerja "Video Profil Desa Tenggiring Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan". 

Video profil desa merupakan gambar bergerak dengan durasi singkat yang berisi tentang informasi segala sesuatu yang ada di desa, seperti penduduk, potensi, matapencaharian, sarana prasarana dan fasilitas umum, serta keindahan alam. 

Berdasarkan hal tersebut, pembuatan video profil desa mampu menjadi sarana untuk memperkenalkan atau membuka dinding kepada masyarakat luas supaya potensi yang dimiliki dapat terekspos dengan baik. 

Dalam pembuatan video profil desa, KKN UM Desa Tenggiring terdapat beberapa tahapan, diantaranya: 1) Tahapan perancangan konsep video, 2) Tahapan pengambilan shoot video, 3) Tahapan pengeditan video, dan 4) Tahapan publish video.

Video Profil Desa Tenggiring, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan yang dibuat KKN UM 2021 ini terdiri dari beberapa adegan yang digabung menjadi satu video singkat dengan berdurasi dua menit, 31 detik. 

Adegan yang akan muncul dalam video tersebut, diantaranya arah jalan menuju desa, gapura desa, sambutan kepala desa, yaitu bapak Markum, matapencaharian masyarakat (pertanian, peternakan, dan umkm), serta potensi. Kegiatan pengambilan shoot dilakukan pada hari minggu (27/06/ 2021) hingga hari sabtu (10/07/2021) dengan dikoordinir oleh Mei Gita Wahyu Maharani dan Vanny Dwi Kurniawati di lakukan dibeberapa titik wilayah Desa Tenggiring, seperti persawahan, balai desa, lembaga pendidikan (MI, SD, serta TPQ), kandang peternakan sapi,  dan UMKM pabrik rumahan kripik singkong yang menjadi ciri khas dari desa tersebut. 

Dengan beberapa cakupan adegan pada video profil Desa Tenggiring, KKN UM 2021 berharap mampu memperkenalkan potensi yang dimiliki Desa Tenggiring di masyarakat luas, terutama pada hasil pertanian, peternakan, dan usaha kecil kripik singkong. Oleh karena itu, hasil dari pembuatan video profil Desa Tenggiring, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan akan diposting di media sosial, seperti Youtube dan Instagram.

VIDEO PILIHAN