Mohon tunggu...
Mochammad Ilham Assidiq
Mochammad Ilham Assidiq Mohon Tunggu... KOntributor Bebas

Kerja Keras, Kerja Cerdas

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penyuluhan Pembuatan Media Pembelajaran untuk Guru oleh KKN UM Sukorejo

3 Juli 2019   10:00 Diperbarui: 3 Juli 2019   10:06 65 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyuluhan Pembuatan Media Pembelajaran untuk Guru oleh KKN UM Sukorejo
dokumentasi pribadi

BLITAR- Informasi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk buku membuat seorang siswa kurang tertarik, karena media pembelajaran yang ditampilkan oleh buku kurang tersedia secara lengkap sebagai media belajar karena yang ditampilkan hanya berupa teks dan pada tampilan isi buku yang tidak dapat divisualisasikan sehingga tampilannya monoton (tidak gerak, hitam putih). Hal ini dapat menyebabkan seorang siswa akan cepat merasa jenuh dan minat belajar pun akhirnya dapat berkurang. Multimedia memungkinkan cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat sekarang ini, komputer Multimedia mempunyai peranan yang sangat penting dalam bidang pendidikan. Ini terbukti dengan adanya produksi aplikasi multimedia pembelajaran yang telah banyak beredar di pasaran saat ini. Media pembelajaran sendiri ada banyak macam, baik yang bersifat interaktif dan non-interaktif. 

Untuk media pembelajaran yang dibuat untuk anak SD, mereka akan cenderung lebih menggemari aplikasi yang bersifat interaktif karena bagi mereka dengan aplikasi tersebut akan lebih menarik dan efektif untuk dipelajari. Hal inilah yang mendorong untuk diproduksinya aplikasi multimedia pembelajaran yang bersifat interaktif.

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru / fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Pada kenyataannya media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan, antara lain: terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar, sulit mencari media yang tepat, tidak tersedianya biaya, dan lain-lain. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika setiap guru / fasilitator telah mempunyai pengetahuan dan keterampilan mengenai media pembelajaran.

Pada kesempatan kali ini, KKN Sukorejo membuat Program Kerja tentang Penyuluhan Pembuatan Media bagi Guru SD yang dilaksanakan pada Hari Selasa, 18/06/2019  bertempat di SDN Sukorejo 01, Kelurahan Sukorejo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Pada penyuluhan ini guru dipandu dan diarahkan untuk membuat PPT(PowerPoint) Interaktif dengan mengenalkan beberapa tema dan video, serta cara pengaplikasiannya.

Untuk lebih memudahkan para guru, pemateri mengarahkan untuk mengunduh langsung pada web resmi PGSD UM di www.pgsd.fip.um.ac.id. Di website tersebut para guru dapat mengunduh PPT Interaktif dan video powtoon yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. 

Manfaat dari penyuluhan pembuatan media ini untuk membuat guru lebih berinovasi, lebih kreatif dalam pembelajaran dan membuat siswa sendiri lebih aktif dan tidak merasa jenuh.  

Oleh karena itu guru / fasilitator perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Akhir dari Pembuatan Media ini, dilanjutkan dengan sesi foto bersama para guru SDN Sukorejo 01.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Penulis : Dani Priastika Sari

VIDEO PILIHAN