Mohon tunggu...
Evelyn Isfa
Evelyn Isfa Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Kasembon 2021 updates

Updating KKN Kasembon 2021 progress

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendampingan Pembuatan Web Desa oleh Mahasiswa KKN-UM 2021 demi Mengoptimalkan Administrasi Desa Kasembon

27 Juli 2021   23:58 Diperbarui: 28 Juli 2021   00:19 17 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendampingan Pembuatan Web Desa oleh Mahasiswa KKN-UM 2021 demi Mengoptimalkan Administrasi Desa Kasembon
desain web desa kasembon (dokpri)

Pendampingan Pembuatan Web Desa Oleh Mahasiswa KKN-UM 2021  Demi Memajukan Administrasi Desa Kasembon Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang

Dengan semakin berkembangnya zaman memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi dengan cepat. Dengan hal ini maka mahasiswa KKN-UM 2021 memiliki program kerja berupa pendampingan pembuatan web desa pada Desa Kasembon Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Hal ini didasari dengan minimnya bahkan tidak ada informasi yang jelas tentang Desa Kasembon di dunia maya. 

Hal ini sangat disayangkan sebab Desa Kasembon memiliki segudang potensi seperti hasil alam dan objek wisata. Oleh karena itu web Desa Kasembon akan diisi dengan banyak konten seperti informasi tentang profil desa, potensi desa, produk unggulan desa, berita desa.

koordinasi mahasiswa dengan perangkat desa (dokpri)
koordinasi mahasiswa dengan perangkat desa (dokpri)

Pengerjaan program kerja ini sebagian besar dilakukan secara daring, hanya di tahap awal pengerjaan dilakukan secara luring. Sebagai tahap awal mahasiswa melakukan pengumpulan informasi perihal data yang akan di input pada web. Hal ini dilakukan dengan langsung menemui sekretaris desa. Selanjutnya untuk penyusunan web dilakukan secara bertahap dengan membuat menu-menu yang nantinya akan diisi dengan informasi perihal Desa Kasembon.

Untuk web desa sendiri sebenarnya Desa Kasembon sudah memiliki, namun perangkat desa tidak memiliki akses lebih lanjut sebab pendampingan yang diberikan kurang. Desa hanya diberi pelatihan awal tidak diberi pengarahan secara lanjut seperti pengisian data-data, pembaruan isi web, dsb. Maka dari itu selain dengan memberikan pelatihan awal pembuatan web tim KKN-UM juga memberikan buku panduan tentang cara pengisian konten web dengan harapan web desa bisa terus berjalan meski tanpa ada pendampingan mahasiswa KKN-UM.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN