Mohon tunggu...
KKN UM 2021 Desa Glanggang
KKN UM 2021 Desa Glanggang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kami siap abdi ~

🎓 Universitas Negeri Malang 📍 Desa Glanggang, Kec. Pakisaji, Kab. Malang 🗓 11 Juni - 25 Juli 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pembuatan Peta Penggunaan Lahan di Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang oleh Mahasiswa KKN UM 2021

20 Juli 2021   12:00 Diperbarui: 20 Juli 2021   12:06 122 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembuatan Peta Penggunaan Lahan di Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang oleh Mahasiswa KKN UM 2021
Penyerahan Peta Penggunaan Lahan Desa Glanggang dengan Kepala Desa (Dokumentasi Pribadi)

Desa Glanggang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Desa ini memiliki luas wilayah sekitar 2,05 km2 dengan jumlah penduduk kurang lebih 5.057 jiwa (Badan Pusat Statistik, 2020). Desa Glanggang memiliki berbagai macam penutup lahan seperti sawah, kebun maupun pemukiman. 

Setiap tahunnya, wilayah tersebut selalu mengalami perubahan penggunaan lahan sehingga diperlukannya sebuah peta penggunaan lahan agar mengetahui bagaimana perubahan yang terjadi pada wilayah tersebut. Peta penggunaan lahan merupakan peta yang dapat menggambarkan tentang penggunaan lahan di suatu daerah.

Salah satu program kerja KKN UM Desa Glanggang 2021 yaitu melakukan pembuatan peta penggunaan lahan untuk desa. Tujuan dari program kerja pembuatan peta penggunaan lahan ini yaitu untuk mengetahui tatanan penutup lahan desa, batas administrasi desa, serta dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk  pembangunan wilayah selanjutnya secara tepat sasaran.

Proses Pembuatan Peta Penggunaan Lahan (Dokumentasi Probadi)
Proses Pembuatan Peta Penggunaan Lahan (Dokumentasi Probadi)

            Pembuatan peta penggunaan lahan ini mempunyai 3 tahapan pengerjaan yaitu mulai dari pengumpulan data, pengolahan data dan proses finishing. Selain itu, data yang digunakan dalam peta menggunakan data primer maupun data sekunder. Pada proses pengolahan data dilakukan dengan bantuan Software bernama Quantum GIS atau biasa dikenal dengan QGIS. Serta pada proses finishing yaitu mencetak peta dengan ukuran kertas A2 dan dihiasi dengan figura agar terkesan bagus dipandang. Selanjutnya, peta penggunaan lahan ini akan diserahkan kepada kepala Desa Glanggang secara langsung dan diharapkan pembuatan peta tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh desa dalam melakukan perencanaan dan pengolahan lahan di Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji.

Peta Penggunaan Lahan Desa Glanggang (Dokumentasi Pribadi)
Peta Penggunaan Lahan Desa Glanggang (Dokumentasi Pribadi)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN