Mohon tunggu...
KKN UM 2021 Desa Glanggang
KKN UM 2021 Desa Glanggang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kami siap abdi ~

🎓 Universitas Negeri Malang 📍 Desa Glanggang, Kec. Pakisaji, Kab. Malang 🗓 11 Juni - 25 Juli 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mendapat Apresiasi dari Masyarakat, KKN UM Desa Glanggang Membantu Renovasi FASUM Desa Wisata Glanggang Scenery

15 Juli 2021   13:45 Diperbarui: 15 Juli 2021   14:06 60 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mendapat Apresiasi dari Masyarakat, KKN UM Desa Glanggang Membantu Renovasi FASUM Desa Wisata Glanggang Scenery
Dokumentasi proses menurunkan atap gazebo yang akan diperbaiki

Desa wisata adalah salah satu implementasi dari pemanfaatan potensi desa yang disetujui dan dilakukan oleh masyarakat. Hal itu mampu mendorong berbagai aspek positif, seperti SDM, IPTEK, sosial, dan ekonomi yang secara progresif berkembang. Berbagai elemen masyarakat juga dapat bergotong royong membangun desa menuju lebih produktif dengan memanfaatkan setiap potensi yang ada.

Desa Glanggang adalah sebuah desa yang mayoritas lahannya berupa persawahan dengan mayoritas penggunaan berupa pertanian padi. Hal tersebut dapat dijadikan sebuah potensi desa menjadi sebuah tempat yang multifungsi. Selain menjadi sebuah lahan pertanian persawahan tersebut juga diimplementasikan sebagai desa wisata. Desa Glanggang sendiri sudah memiliki konsep yaitu Glanggang Scenery. Glanggang Scenery merupakan konsep wisata yang berfokus pada refreshing sekaligus branding desa akan potensi pertaniannya. Konsep tersebut melingkupi fasilitas umum gazebo, lintasan olahraga (jogging), kedai kopi dan tempat pertemuan bagi siapa saja, khususnya masyarakat Desa Glanggang sendiri.

Setelah mendapatkan data tersebut, KKN UM berinisiatif untuk melakukan follow up dalam tempat tersebut. Ditemukan bahwa salah satu fasilitas umum berupa gazebo disana telah rusak (berlubang dan tidak bisa digunakan). Kami langsung merencanakan apa saja yang dibutuhkan dalam pembenahan gazebo tersebut, termasuk menerapkan protokol kesehatan seketat mungkin demi terjaganya kesehatan bersama. Masyarakat sangat antusias dalam melihat dan membantu kami dalam pengerjaan pembenahan gazebo seperti membantu menurukan atap gazebo, dan membantu mengarahkan dalam pengerjaannya.

Kegiatan kami berlangsung dari pukul 09.00 -- 15.00 WIB dan dilakukan oleh 15 orang, termasuk masyarakat Desa Glanggang. Renovasi gazebo tersebut dimulai dari penambalan atas yang berlubang hingga penggantian ijuk, sehingga dapat digunakan dengan baik terlebih lagi saat dimusim hujan dan terlihat indah dalam pelaksanaannya sebagai Desa Wisata Glanggang Scenery. Setelah semuanya selesai, kami pun berfoto bersama masyarakat.

KKN UM mendapat apresiasi dan pujian dari masyarakat dalam pembenahan fasilitas umum gazebo ini. Harapan kami kedepannya, fasilitas umum di Desa Wisata Glanggang Scenery ini dapat membantu kelancaran masyarakat dalam melakukan aktivitas dan mendorong aspek seperti sosial budaya yang sangat kental diantara masyarakat yang lain.

Dokumentasi atap gazebo yang telah diperbaiki
Dokumentasi atap gazebo yang telah diperbaiki

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN