Mohon tunggu...
KKNT49
KKNT49 Mohon Tunggu... Lainnya - KKNT MBKM UPNVJT

KKN KELOMPOK 49, KEL. KREMBANGAN UTARA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembuatan NIB UMKM di Kelurahan Krembangan Utara

31 Mei 2022   21:01 Diperbarui: 31 Mei 2022   21:11 67 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

NIB atau Nomor Induk Berusaha adalah salah satu identitas seorang pelaku usaha yang diatur dalam Peraturan Pemerintah no 24 Tahun 2014 Pasal 1 angka 12 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS). NIB akan diterbitkan oleh Lembaga Online Single Submission setelah pelaku usaha melakukan pendaftaraan dan pengisian data. Pendaftaraan dapat dilakukan secara mandiri melalui website https://ui-login.oss.go.id/ atau dengan mendownload terlebih dahulu aplikasi OSS di Google Play Store.

NIB dinilai dibutuhkan untuk UMKM karena dengan memiliki NIB, usaha yang dijalankan menjadi legal. Selain itu, dengan memiliki NIB, UMKM mendapatkan keuntungan lainnya seperti  mendapatkan kemudahan dalam mencari dokumen lainnya seperti NPWP dan sertifikat kelayakan seperti sertifikat halal.

Oleh karena itu, kelompok KKNT 49 membuat program kerja untuk membantu UMKM di wilayah Krembangan Utara mendapatkan NIB karena banyaknya masyarakat Krembangan Utara yang masih awam dengan NIB maupun website OSS. Kegiatan membantu membuat NIB ini dilakukan pada hari Sabtu, 28 Mei 2022 di 2 lokasi. Lokasi pertama diakukan di daerah Tambak Gringsing dan lokasi kedua dilakukan di Balai RW 03.

dokpri
dokpri

Meskipun masih memerlukan banyak penyesuaian dan koreksi, keantusian warga Krembangan Utara cukup baik atas program kerja KKNT 49 dalam pembuatan NIB. Diharapkan, dengan adanya program pembuatan NIB ini dapat membantu meningkatkan antusias dan pendapatan masyarakat sekitar Krembangan Utara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan