Mohon tunggu...
KKNT49
KKNT49 Mohon Tunggu... Lainnya - KKNT MBKM UPNVJT

KKN KELOMPOK 49, KEL. KREMBANGAN UTARA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

UMKM Handycraft dari Karung Goni: Berbagai Jenis Produk dari Karung Goni

27 Mei 2022   16:49 Diperbarui: 27 Mei 2022   16:58 156 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Handy Craft diambil dari bahasa Inggris yang artinya “Kerajinan Tangan” juga dikenal dengan istilah Kriya. Handy Craft atau Kriya merupakan kegiatan seni yang menitik beratkan kepada ketrampilan tangan dan mempunyai fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan sekitar lingkungan yang diolah menjadi benda-benda seni yang bernilai dan bermanfaat. 

Handy Craft atau Kriya merupakan sebuah karya seni yang diciptakan untuk mengolah sebuah benda menjadi sebuah cinderamata yang memiliki unsur seni budaya. Handy Craft biasanya diolah dari Tanah, Kayu, Kain, Batu, dan Logam. Dengan pengolahan tersebut produk dapat dijadikan sebagai benda yang memiliki nilai fungsional dan harga jual yang setara dengan kualitas yang ditawarkan

Selain di RW 03 di kelurahan Krembangan Utara juga terdapat UMKM Handycraft yang masih berjalan selama masa pandemi dengan terus melakukan produksi baik diperjualbelikan di Acara Besar dari Kemendagri ataupun pemesanan untuk souvenir pernikahan. 

Usaha ini dipelopori oleh Ibu Erny Surjanti. Beliau menggunakan bahan dasar karung goni sebagai usahanya. Berbagai produk olahan yang dihasilkan dari tangan trampilnya seperti bross, tempat tisu, tas kotak makan, dompet, tatakan gelas, dan lain sebagainya. 

Untuk orderan biasanya, meskipun tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan sebelum pandemi, akan tetapi beliau aktif dalam mengikuti komunitas usaha yang mampu memgembangkan kemampuannya berwirausaha hingga saat ini.

Dalam pemasaran digital sementara dari usahanya hanya menggunakan media sosial pribadi dan juga status whatsapp dengan keterbatasan media foto produk. Oleh karena itu, kami mencoba memberi saran dan juga transfer ilmu baik secara teori ataupun praktik kepada beliau sehingga diharapkan mampu mengembangkaan usahanya dari sisi kreatifivitas foto produk sekaligus pemasarannya.

 Pemasaran yang kami sarankan melalui instagram dengan berbagai macam foto produk yang bagus. 

Maka dari itu nantinya kami akan mengajarkan beliau bagaimana cara foto produk yang bagus, seperti dari sisi pencahayaannya maupun properti yang digunakan untun mempercantik. Selain instagram, e-commerce seperti shoppee kami sarankan juga. Harapan kami, semoga UMKM Handycraft Karung Goni ini semakin berkembang untuk kedepannya. Direncanakan upaya pengembangan tersebut dijalankan selama kurang lebih satu minggu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan