Mohon tunggu...
KKNT29UPNVJT2022
KKNT29UPNVJT2022 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN-T MBKM Kelompok 29 UPNVJT 2022

KKN-T MBKM 29 UPNVJT 2022 🏫 UPN "VETERAN" JAWA TIMUR 🧑‍🏫 DPL : Ir. Didiek Tranggono M,Si Batch 2019, Semester Genap 2021/2022, Kel. Kemayoran, Kec. Krembangan, Kota Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Inovasi Cita Rasa oleh KKNT 29 UPN "Veteran" Jawa Timur kepada UMKM Risol

25 Juni 2022   10:31 Diperbarui: 25 Juni 2022   11:53 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surabaya -- UMKM makanan adalah salah satu UMKM yang selalu disukai oleh masyarakat Indonesia, baik itu makanan ringan maupun makanan berat. Adapun contoh UMKM yang menjual makanan ringan adalah seperti UMKM Kue Basah, UMKM Kue Kering, dan makanan ringan lainnya. Salah satu contoh makanan ringan yang banyak diketahui oleh banyak masyarakat Indonesia adalah risol.


Risol adalah jajajan pasar yang terkenal di kalangan warga Indonesia dan mayoritas menyukainya. Bentuknya pun bermacam-macam mulai dari persegi panjang seperti amplop dan ada juga yang bentuknya segitiga kemudian berwarna coklat keemasan.  Risol terbuat dari campuran tepung terigu dan telur yang digoreng tipis kemudian digulung dengan berbagai macam isi di dalamnya. Umumnya isi risol biasanya berupa olahan berbagai sayur, kentang, jamur, daging ayam, sapi, ikan, hingga udang.

Pada UMKM Aneka Kue Basah yang dimiliki Bu Ros, beliau menjual risol mayo yaitu risol yang berisi potongan telur, sosis lalu diberi tambahan saus dan mayonaise sebagai pelengkap rasa. Agar produk dapat lebih menarik dan tidak membosankan tentunya kita harus membuat suatu perubahan atau inovasi yang sekiranya bisa menjadi pembeda/ciri khas sehingga ada keunggulan atau keunikan bagi suatu produk. Maka kelompok kknt 29 upnvjt memiliki usulan pengembangan inovasi dengan membuat cita rasa baru untuk prodol risol, yaitu "Risol Mercon"

Dokpri
Dokpri

Inovasi tersebut dibuat atas dasar dari pengamatan mayoritas masyarakat Indonesia berselera dengan rasa pedas, maka hal tersebut menjadi penunjang usaha unruk dijadikan ide meningkatkan penjualan produk. Dengan membuat inovasi cita rasa isi risol maka masyarakat apalagi yang suka pedas akan tertarik untuk mencoba risol yang tidak seperti pada umumnya.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun