Mohon tunggu...
KKN RDR77 KEL.106 UIN WS
KKN RDR77 KEL.106 UIN WS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang

Q.S MARYAM (4)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Konten Kreatif Kesetaraan Gender: Mengedukasi Masyarakat Melalui Kanal YouTube

16 Oktober 2021   21:20 Diperbarui: 16 Oktober 2021   21:24 81 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Semarang-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler DR Ke-77 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang memproduksi sebuah video edukasi mengenai "Kesetaraan Gender dalam Prespektif Islam" yang diunggah di kanal Youtube KKN RDR 77 Kelompok 106, Kamis (14/10).

Kesetaraan gender merupakan wacana yang sudah lama didengungkan oleh banyak khalayak, mulai dari kalangan akademisi, praktisi, sampai dengan politisi atau pejabat publik.

Tidak dipungkiri bahwa perempuan dan isu kesetaraan gender sampai sekarang masih menarik dan marak untuk diperbincangkan, terutama jika dihubungkan dengan wacana ke-Islam-an. Di mana perempuan dalam sejarah Islam memang memiliki posisi yang penting dalam berbagai perubahan sosial, kebudayaan, ekonomi, dan bahkan politik. Hal ini yang mendorong mereka untuk mengusung tema kesetaraan gender dalam mengedukasi masyarakat.

Sri Sulistiyo Handayani selaku penanggung jawab Program Kesetaraan gender mengungkapkan bahwa, "Tujuan dari edukasi kesetaraan gender ini yaitu untuk mengedukasi wawasan kesetaraan gender melalui perspektif Islam kepada mahasiswa/mahasiswi ataupun masyarakat lain  yang masih awam mengenai hal ini," tuturnya.

Dan ia berharap melalui video tersebut dapat menjadi pemahaman dan konsep yang lebih tertata mengenai kesetaraan gender. Sebab, kesetaraan antara laki-laki dan perempuan masih dipandang tabu oleh masyarakat. Video yang berdurasi 8 menit 16 detik  tersebut membahas tentang pengertian gender dan prinsip kesetaraan gender yang ditafsirkan berdasarkan Al-Quran. Di mana Al-Quran merupakan pedoman bagi kita baik di dunia maupun di akhirat.

Begitu juga dengan pendapat dari salah satu partisipan dalam pembuatan video kreatif edukasi tersebut.

"Kesetaraan gender memang perlu dipertahankan seperti ini. Karena baik laki-laki dan wanita sama saja di mata Tuhan. Pembedanya hanya lah amal dari seseorang. Pentingnya kesetaraan gender ini juga membuktikan bahwa tidak ada diskriminasi berdasarkan identitas gender mereka," ucap Fadly Rahmadi.

Edukasi mengenai kesetaraan gender sangatlah penting, karena dengan adanya kesetaraan gender dapat membuktikan tidak adanya diskriminasi antara laki-laki dan perempuan.

Oleh karena itu, masalah kesetaraan gender ini dikupas dengan detail dalam perspektif Islam, kemudian diringkas menjadi sebuah video kreatif yang menarik dan layak untuk ditonton oleh semua kalangan.

Video dapat diakses melalui link berikut: 


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan