Mohon tunggu...
KKN MIT45
KKN MIT45 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Official Account dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) Ke 14 Kelompok 45 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pola Hidup Sehat, Manfaatnya Apa Aja?

14 Agustus 2022   20:27 Diperbarui: 14 Agustus 2022   20:27 37 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Hidup sehat adalah kebutuhan setiap orang, serta menjadi tren di masa kini. Hal ini karena penyakit baru terus bermunculan selama ini. Pada dasarnya kesehatan adalah apa yang dihasilkan/efek yang baik untuk tubuh kita. Gaya hidup sehat adalah jalan yang harus diikuti untuk mempertahankan tubuh yang sehat, baik fisik maupun mental. Gaya hidup sehat merupakan suatu pilihan yang sangat tepat untuk melangsungkan kehidupan kita, sedangkan pola hidup sehat adalah jalan yang harus dijalani untuk memperoleh fisik yang sehat serta jasmani dan rohani. Hal utama dari kesehatan yaitu mengenai gaya hidup sehat yang menopang kesehatan kita saat ini, karena dengan gaya hidup sehat maka akan menciptakan pola hidup sehat yang otomatis kita lakukan.

Maka dari itu, ini penting bagi kita dalam menjaga pola hidup sehat, dengan mengatur pola hidup secara jasmani dengan cara mengatur pola makan yang baik, yaitu sarapan setiap pagi (dianjurkan jika sarapan tidak boleh memakan makanan instan, banyak dan banyak berlebihan). Hal ini dapat menyebabkan obesitas jika tidak menjaga pola makan. Sebaiknya tidak hanya makan siang  dengan  buah-buahan, tetapi juga makan malam yang tidak melebihi batas waktu makan malam. Kedua, olahraga setiap pagi untuk menyegarkan udara pagi yang masih tercemar polusi lingkungan, dan ketiga, air  yang cukup (8 gelas atau 2 liter) per hari.Keempat, hindari konsumsi zat berbahaya seperti rokok, minuman beralkohol, dan jenis narkoba.

Secara rohani pola hidup sehat bisa dilakukan dengan selalu bersyukur dan bahagia atas nikmat yang diterimanya, merasa terlena, sabar, ikhlas dan tenang, ceria atau tidak iri ketika orang lain sedang bahagia, bahagia dan berusaha menjadi yang terbaik untuk orang lain. Tidak memiliki penyakit hati atau dendam sudah termasuk orang sehat secara rohani.

Manfaat pola hidup sehat merupakan bentuk dari proses tumbuh dan berkembangnya manusia. Masyarakat menerapkan gaya hidup sehat untuk meningkatkan kualitas  hidup lebih lama dengan cara yang sehat dan mandiri. Kehidupan yang lebih baik juga  akan dimungkinkan jika manusia dapat memenuhi kebutuhan tubuhnya dengan sumber makanan yang sehat dan tidak terkontaminasi oleh makanan kimia yang dapat merusak organ-organ dalam tubuh.

Manfaat yang diperoleh saat kita melakukan dan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari -- hari :
- Tidur lebih nyenyak
- Merasa damai dan tenang
- Dapat berpikir sehat
- Terhindar dari berbagai penyakit
- Lebih bahagia dan terlihat bugar

Penulis: Ibanez Sofadella

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan