Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki dampak yang signifikan terhadap masyarakat, terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap. Masyarakat dapat memenuhi kebutuhan kesehariannya melalui UMKM, selain itu UMKM dapat memainkan peran penting dalam upaya pengurangan tingkat kemiskinan terutama di pedesaan, dengan kata lain UMKM bisa membatu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Mengikuti perkembangan zaman, para pelaku UMKM juga harus menggunakan media sosial untuk menjangkau pemasaran yang lebih luas.
Dalam mengobservasi pelaku UMKM Kelompok 13 KKN-P Umsida menemui beberapa pelaku UMKM yang 70% dari mereka melakukan kegiatan UMKM yang kurang mengikuti perkembangan zaman. Contoh nyata yang kita temui yaitu beberapa label produk memberikan informasi kurang lengkap pada konsumen dan juga penjualan masih secara langsung belum tersedianya media pemasaran melalui media sosial.
 Dengan kurangnya pemahaman tentang kemajuan teknologi pemasaran saat ini, kami memberikan edukasi terhadap pelaku UMKM pada desa Lumbangrejo tentang pentingnya pemasaran yang mengikuti perkembangan zaman untuk membuka pikiran pelaku UMKM yang ada di desa Lumbangrejo.Â
Setelah melakukan edukasi terkait penjualan online pada pelaku UMKM, kami memberi masukan terhadap kurangnya kegiatan pemasaran yang selama ini mereka jalankan. Mulai dari membantu pembaruan label dagang yang lebih lengkap dan pembuatan pamflet yang bisa di sebar luaskan oleh pelaku UMKM melalui beberapa media sosial. Dengan terlibatnya kami dalam pengembangan pemasaran UMKM desa Lumbangrejo, kami harap pelaku UMKM desa Lumbangrejo bisa menjakau pemasaran yang lebih luas.