Mohon tunggu...
KKN UMD 401 JETIS
KKN UMD 401 JETIS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa KKN Unej Membangun Desa Kelompok 401 Desa Jetis, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menelisik Lebih Dalam Potensi Desa Jetis di Kecamatan Besuki dengan Mahasiswa KKN UMD Kelompok 401

28 Juli 2022   12:45 Diperbarui: 28 Juli 2022   12:49 680 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKN UMD 401 di Desa Jetis, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo (dokpri)

Rabu, 20 Juli 2022 kelompok KKN 401 Universitas Jember melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Jetis, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo dengan jumlah anggota kelompok sebanyak 9 mahasiswa.

Desa Jetis memiliki 8 dusun dengan jumlah penduduk sebanyak 8.136 orang dan memiliki berbagai macam potensi yang dapat dikembangkan di masing-masing dusunnya. Adapun dusun tersebut yaitu dusun Tanjung, Kanak Putih, Karang Tengah, Langsep, Biting, Randu, Kesambi, dan Krajan. 

Kelompok KKN 401 telah melakukan kunjungan di setiap dusunnya guna mengenali potensi masing-masing dusun. Potensi yang dimiliki oleh Desa Jetis yaitu industri pengolahan tahu, industri batu bata dan industri material.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Industri pembuatan tahu pada desa jetis tersebar di berbagai dusun seperti dusun Tanjung dan Randu. Mayoritas seluruh warga dusun tersebut bekerja sebagai penghasil tahu.

Industri batu bata juga merupakan salah satu penghasilan utama dari warga desa Jetis khususnya dusun Langsep dan Randu. Kurang lebih terdapat 76 industri batu bata pada dusun tersebut. Batu bata yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih kokoh, halus dan tidak mudah patah daripada batu bata konvensional. Industri batu bata ini cocok pada desa jetis dikarenakan profil tanah yang dimiliki.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Selain industri tahu dan batu bata, industri material juga merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan dari warga desa Jetis khususnya pada dusun Biting. Material pada dusun Biting berupa batu, koral dan pasir.

Berdasarkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa Jetis, mahasiswa KKN 401 siap mengembangkannya melalui program kerja yang bertujuan untuk menyebarluaskan potensi desa dan mengatasi keresahan masayarakat desa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan