Mohon tunggu...
UNNES GIAT3 DESADURENBANDUNGAN
UNNES GIAT3 DESADURENBANDUNGAN Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Kegiatan UNNES GIAT 3 Desa Duren Bandungan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pelatihan Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah oleh Mahasiswa KKN GIAT 3 UNNES

2 Desember 2022   02:10 Diperbarui: 2 Desember 2022   02:11 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam rangka memberdayakan ibu-ibu PKK Desa Duren, mahasiswa KKN UNNES mengajak ibu-ibu PKK untuk turut serta dalam pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah

Kegiatan Pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah ini dilakukan pada hari kamis 24 november 2022 bertempat di rumah salah seorang warga Dusun Jetak, Desa Duren, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK Desan Duren, Dusun Jetak RT.01/RW.02.

Minyak goreng merupakan salah satu bahan pangan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali masyarakat menggunakan minyak goreng berulang kali untuk menghemat karena mengalami kenaikan harga. Padahal, penggunaan maksimal minyak goreng itu 3 kali, selebihnya dapat membahayakan tubuh karena akan menghasilkan senyawa peroksida radikal bebas racun. 

Namun, jika dibuang sembarangan juga dapat menjadi pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, dilakukan cara agar minyak goreng bekas jelantah ini tidak menimbulkan kerugian bagi Kesehatan dan lingkungan ketika dibuang di saluran air yaitu dengan memanfaatkan kembali menjadi suatu produk yang bernilai guna. Salah satu produk yang bisa dihasilkan yaitu sabun.

Pembuatan sabun dari minyak jelantah ini diawali dengan pemurnian pada minyak jelantah. Pertama saring jelantah menggunakan penyaring, lalu masak hingga mendidih dan tambahkan arang. Diamkan sekitar 1 jam kemudain disaring. Gunakan bleaching earth dan daun pandan untuk menetralkan bau. Langkah berikutnya adalah menambahkan air, KOH, dan garam untuk mendapatkan tekstur sabun cair.

Selain mengikuti pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah, ibu-ibu PKK juga diajarkan bagaimana cara membuat desain kemasan produk ekonomis dan menarik. 

Dilanjutkan dengan cara menjual produk secara digital marketing melalui E-commerce yang ada. Dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet, kegiatan jual beli bisa terlaksana dan mampu mendirikan UMKM. 

Digital marketing ini memiliki kecepatan penyebaran produk dan jangkauan lebih luas untuk membangun brand. Tujuan dari digital marketing adalah menjangkau konsumen dengan mudah dan efektif secara luas untuk meningkatkan penjualan produk. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ibu-ibu setempat mulai membangun UMKM melalui penjualan produk unggulan disekitar.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun