Mohon tunggu...
KKN DESA KALIBENDO
KKN DESA KALIBENDO Mohon Tunggu... Lainnya - KKN 452 UNIVERSITAS JEMBER

KKN TEMATIK UMD PERIODE II 2021/2022 KELOMPOK 452 UNIVERSITAS JEMBER

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kebersamaan Mahasiswa KKN UMD Kelompok 452 Mengunjungi dan Belajar Produksi Gula Merah

11 Agustus 2022   11:52 Diperbarui: 11 Agustus 2022   12:10 99 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Mahasiswa KKN UMD 452 melakukan wawancara dan proses pembuatan gula merah (Dokpri)

Lumajang -- Kalibendo adalah salah satu desa yang berada di kawasan Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Salah satu potensi yang dimiliki Desa Kalibendo adalah produksi gula merah. Gula merah adalah salah satu jenis gula yang permintaan pasarnya cukup banyak dengan hasil yang cukup menjanjikan. Produksi gula merah di Desa Kalibendo terbagi menjadi 2 jenis gula merah yaitu gula yang terbuat dari campuran irisan kelapa dan gula merah yang terbuat dari aren.

Masyarakat Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian telah bertahun-tahun melakukan produksi gula merah" salah satunya yang bertempat di Dusun Sumberkadi. Penduduk yang mayoritas bekerja sebagai petani mencoba untuk memanfaatkan lahan yang ada, guna untuk mencari rupiah dari perkebunan pohon kelapa demi memenuhi hidupnya.

Pada Jumat (05/08/2022) mahasiswa KKN 452 Universitas Jember berkesempatan untuk melakukan wawancara dan belajar melakukan produksi gula merah langsung bersama dengan para pekerja yang sudah beberapa tahun menjalankan proses pembuatan gula merah. Kegiatan pembuatan gula merah yang telah dilakukan meliputi beberapa tahapan umum yaitu proses penyediaan bahan -- bahan yang dibutuhkan, proses perebusan, proses pencetakan, proses pendinginan, proses pengemasan dan proses pengangkutan.

Gambar 2. Proses pencetakan gula merah  (Dokpri)
Gambar 2. Proses pencetakan gula merah  (Dokpri)
"Usaha gula merah ini sudah berjalan selama kurang lebih 7 tahun dengan penjualan hingga tingkat nasional meliputi wilayah Jawa Timur dan luar daerah seperti Jakarta dan Lampung" ucap salah satu pekerja. Kegiatan produksi gula merah ini hanya dilakukan saat ada permintaan dari konsumen, Pada kegiatan produksi gula merah yang diikuti mahasiswa KKN 452 Universitas Jember dilakukan untuk memenuhi permintaan konsumen yang berada di Lampung.  Menurut pemilik usaha gula merah "Hasil produksi akan dikirim ke pabrik pembuatan kecap manis, dimana gula merah berperan sebagai bahan utama dalam pembuatan kecap manis" tuturnya.

Bisnis gula merah yang telah berjalan dalam beberapa tahun di Desa Kalibendo semakin mengalami perkembangan dan peningkatan jangkauan pasar sehingga menjadi salah satu produk unggulan yang perlu dikembangkan karena didukung oleh keberadaan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang ukup memadai.

Menurut beberapa masyarakat yang telah mengonsumsi gula merah ini "Rasanya sedikit lebih gurih dibandingkan dengan gula merah produksi daerah lain. Namun, jika Anda semua ingin merasakannya sendiri, dapat langsung berkunjung ke Kabupaten Lumajang tepatnya di Kecamatan Pasirian, Desa Kalibendo Dusun Sumberkadi,"tutur masyarakat sekitar.

Penulis: KKN UMD 2022 Kelompok 452 Desa Kalibendo

https://lp2m.unej.ac.id/category/kkn/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan