Mohon tunggu...
KKN DESA PANDANREJO
KKN DESA PANDANREJO Mohon Tunggu... Lainnya - KKN Universitas Negeri Malang 2021

KKN UM Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Pelatihan Pembuatan Inovasi Masker Kecantikan Organik Berbahan Dasar Stroberi oleh Mahasiswa KKN UM di Desa Pandanrejo, Kota Batu

14 Juli 2021   12:56 Diperbarui: 14 Juli 2021   12:59 141 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelatihan Pembuatan Inovasi Masker Kecantikan Organik Berbahan Dasar Stroberi oleh Mahasiswa KKN UM di Desa Pandanrejo, Kota Batu
Inovasi Produk Masker Kecantikan Berbahan Dasar Stroberi/dokpri

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang tahun 2021 masih dilaksanakan dengan panduan KKN edisi Covid-19, tanpa terkecuali pelaksanaan KKN Pulang Kampung di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang dibimbing oleh Dr. Siti Mas'ula, M.Pd. 

Akan tetapi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat anggota KKN untuk tetap produktif dalam melaksanakan pengabdian. Hal itu dibuktikan dengan dijalankannya berbagai program kerja yang terbagi dalam beberapa sektor yaitu pendidikan, ekonomi, teknologi dan kesehatan.

Salah satu program kerja yang telah dijalankan oleh mahasiswa KKN UM di Desa Pandanrejo adalah mengadakan pelatihan pembuatan inovasi masker kecantikan organik yang berbahan dasar stroberi. Program kerja ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, di antaranya sebagai berikut; (1) Melihat potensi Desa Pandanrejo yang merupakan sentra perkebunan dan penghasil buah stroberi di Kota Batu, (2) Didukung adanya keinginan untuk dapat membuat produk inovasi berbahan stroberi, (3) Pemanfaatan buah stroberi selain sebagai bahan pangan juga dapat bermanfaat bagi kecantikan, (4) Terakhir, melihat permasalahan yang muncul pada petani stroberi di Pandanrejo ketika panen raya terdapat stok yang melimpah dan pemanfaatannya sebagian besar hanya sebatas dijual dalam bentuk buah serta produk olahan yang masih terbatas.

Pemberlakuan PPKM Darurat menyebabkan adanya perubahan pelaksanaan teknis dari pelatihan pembuatan inovasi masker kecantikan berbahan stroberi yang persiapan awalnya dilaksanakan secara langsung (offline) kemudian berganti menjadi daring (online) yang dikemas dalam bentuk video tutorial yang hasilnya dibagikan melalui grup whatsapp. 

Sasaran pelaksanaan kegiatan ini adalah seluruh anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Putri yang ada di Desa Pandanrejo.

Dokumentasi Bersama Anggota Kelompok Wanita Tani Melati Putri di Desa Pandanrejo/dokpri
Dokumentasi Bersama Anggota Kelompok Wanita Tani Melati Putri di Desa Pandanrejo/dokpri

Pelaksanaan pembuatan video tutorial dilakukan oleh Aura Nahla Nur Laila ddan Nursela Yunika Mesita, serta di bantu oleh seluruh anggota KKN. Dalam video pembuatan masker terdapat poin-poin penting terkait kandungan yg dimiliki oleh stroberi dan oats sebagai bahan yang digunakan dalam masker kencantikan. 

Sehingga perlu di ketahui kandungan yang dimiliki stroberi dan manfaat untuk kulit wajah, adalah sebagai berikut; (1) Vit C dan asam elagik berfungsi sebagai pencegah penuaan dini, (2) Antioksidanin membantu melindungi kulit dari proses oksidasi, (3) Likopen berfungsi sebagai antioksidan, (4) Alpha hydroxy berfungsi membantu mengatasi mata panda, (5) Salicylic acid dan flavanoid membantu mengatasi jerawat, (6) Asam ellagic berfungsi sebagai tabir surya alami.

Proses Pembuatan Video Tutorial Masker Stroberi Organik/dokpri
Proses Pembuatan Video Tutorial Masker Stroberi Organik/dokpri

Bahan utama yang digunakan dalam proses pembuatan masker kecantikan selain stroberi adalah oats. Pemilihan bahan oats sebagai bahan pendamping adalah dikarenakan oats juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kulit wajah, antra lain sebagai berikut; (1)  Beta-glukan membantu melembabkan kulit, (2) Alpha hydroxy acid (AHA) berfungsi mencerahkan wajah, (3) Saponin membantu mengangkat sel kulit mati, (4) Avenanthamide berfungsi meredakan jerawat dan membersihkan pori-pori kulit, (5) Asam amino berfungsi meningkatkan produksi kolagen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x