Mohon tunggu...
KKN UNEJ391
KKN UNEJ391 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Jember

Mahasiswa KKN Universitas Jember Kelompok 391 yang bertugas di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mahasiswa KKN Universitas Jember Berhasil Menjalankan Kembali Wisata yang Terbengkalai selama 2,5 Tahun

26 Agustus 2022   11:33 Diperbarui: 26 Agustus 2022   11:34 97 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pantai Tanjung Batu yang terkenal dengan pemandangan SunRise dan SunSet nya kembali menjadi idaman para wisatawan.


Metode 3A berhasil diaplikasikan oleh Mahasiswa KKN Kelompok 391 Universitas Jember pada sektor Wisata di Desa Landangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki dan metode yang tepat, Pantai Tanjung Batu berjalan kembali dan memberikan pemasukan pada BUMDES. Segala kegiatan restorasi pantai, meliputi pembetulan fasilitas dan pengadaan fasilitas serta pembentukan POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) bernama ECOPART berhasil dilaksanakan dan berjalan hingga saat ini dan untuk tahun-tahun berikutnya.

Keberhasilan Mahasiswa KKN dapat dilihat dari peningkatan pengunjung yang datang ke Pantai Tanjung Batu itu sendiri. Pada awal kedatangan mahasiswa KKN, jumlah pengunjung hanya berjumlahkan 10-15 orang saja namun pada saat ini pengunjung meningkat drastis sebesar 5 kali lipat yaitu sejumlah 50-75 orang setiap harinya.

Pada tanggal 19-20 Agustus 2022 diadakan Festival Pasar Tradisional yang berlangsung di Pantai Tanjung Batu. Acara itu dilaksanakan guna untuk menarik perhatian para wisatawan dan juga secara tidak langsung sebagai bentuk re-launching Pantai Tanjung Batu itu Sendiri. Acara tersebut diisi oleh berbagai makanan tradisional khas Situbondo terutama Desa Landangan, berbagai macam souvenir, dan juga Produk-Produk yang dihasilkan oleh Kelompok KKN Desa Kapongan dan juga Sletreng. Festival Pasar Tradisional dimeriahkan oleh penampilan band Mayonk dan juga tarian-tarian Tradisional seperti Gandrung, Jejer Aji Jaran Goyang, dan tarian tradisional lainnya.

(Dokpri)
(Dokpri)

Festival tersebut berhasil menarik perhatian sekitar dengan jumlah pengunjung 200-235 dalam satu hari.  Banyak masyarakat yang mulai aware akan cantiknya Pantai Tanjung Batu dan mulai memahami pesona yang dimiliki seperti makanan, souvenir, maupun hiburan seperti playground. Para wisatawan tidak perlu khawatir lagi tidak mendapatkan apa-apa setelah datang dari Pantai Tanjung Batu karena kini "What to see, What to do, dan What to buy" sudah dimiliki Pantai Tanjung Batu. Jadi apa lagi yang kalian tunggu? Segera kunjungi Pantai Tanjung Batu, Situbondo dijamin hati dan pikiran terobati!!

(Dokpri)
(Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan