Mohon tunggu...
KKM 154 Sembrani
KKM 154 Sembrani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKM

Kegiatan KKM 154 Kelurahan Sedayu, Turen, Kab. Malang

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Bikin Awet Muda, Ibu-ibu di Kelurahan Sedayu Konsumsi Minuman Ini

28 Januari 2023   20:42 Diperbarui: 28 Januari 2023   21:05 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jum'at, 20 Januari 2023, kelompok KKM 154 mensosialisasikan suatu teh fermentasi yang berasal dari Asia Timur, yakni teh kombucha. Sosialisasi teh ini dilakukan oleh dua mahasiswa KKM, yaitu Safiratul Amanah dan Muchammad Zidan Taufiqi dengan dibantu mahasiswa lainnya. Acara ini dilaksanakan setelah kegiatan senam rutin ibu-ibu di Kelurahan Sedayu pada Jumat sore.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Saat sosialisasi berlangsung, kelompok KKM 154 menjelaskan mengenai apa itu teh kombucha, bagaimana manfaatnya untuk tubuh beserta efek sampingnya, dan anjuran yang baik dalam mengonsumsinya. Perlu diketahui, teh kombucha merupakan teh hasil fermentasi scoby, yaitu campuran ragi dan bakteri yang digabung ke dalam larutan teh dan didiamkan kurang lebih 8-12 hari sebelum dikonsumsi.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Selanjutnya, manfaat dari teh kombucha itu sendiri adalah untuk menjaga sistem pencernaan tubuh, membantu mengeluarkan racun dari tubuh, mencegah penuaan dini, dan menurunkan penyakit arteriosklerosis. Namun efek samping mengonsumsi teh kombucha pada orang sehat bisa menimbulkan sakit perut, alergi, mual, muntah, dan sakit kepala. Sedangkan pada orang yang sensitif dapat membuat pertahanan tubuh semakin menurun akibat terinfeksi bakteri.

Oleh sebab itu, agar teh kombucha dapat dikonsumsi dengan aman sebaiknya kebersihan dan kualitas teh harus dijaga. Selain itu, teh kombucha seharusnya sudah melalui proses pemanasan untuk menghilangkan bakteri jahat yang terkandung di dalamnya.

Terlepas dari hal tersebut, ibu-ibu warga Sedayu sangat tertarik dan antusias pada saat sosialisasi berlangsung. Bagi mereka, ini adalah pertama kalinya dalam meminum teh kombucha dan tentu kali pertama pula bagi kelompok KKM 154.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun