Mohon tunggu...
David Abdullah
David Abdullah Mohon Tunggu... Lainnya - —

Best in Opinion Kompasiana Awards 2021 | Kata, data, fakta

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengintip Kompleksitas Pengolahan Nikel dan Prosedur Keselamatan Kerja PT GNI

27 September 2023   15:42 Diperbarui: 27 September 2023   16:15 4863
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PT Gunbuster Nickel Industry, perusahaan smelter nikel yang beroperasi di Bungintimbe Petasia, Morowali Utara, Sulteng. | gunbusternickelindustry.com

PT Gunbuster Nickel Industry terbukti dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian negara dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan pekerja dalam proses produksinya.

Sejak era kerajaan, nikel telah dikenal sebagai unsur logam yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Nusantara. Pada masa kejayaan Majapahit, misalnya, nikel digunakan sebagai bahan pembuatan keris. Selain kuat, ringan, dan tahan karat, penggunaan nikel dapat membuat pamor keris menjadi lebih indah.

Nikel selalu menjadi bagian integral dalam peradaban manusia. Nikel mempunyai banyak kegunaan dalam berbagai industri. Sebagian besar nikel (70%) digunakan untuk pembuatan baja nirkarat (stainless steel). Selebihnya digunakan untuk logam campuran (8%), pelapisan logam (8%), pengecoran (8%), baterai (5%), dan lainnya (1%).

Kandungan logam berwarna putih mengkilap itu lazim dijumpai sebagai bahan baku mulai dari sendok, perangkat elektronik, hingga komponen pesawat terbang. Menurut data United State Geological Survey (USGS) dan Badan Geologi Kementerian Ekonomi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia merupakan negara dengan produksi bijih nikel tertinggi di dunia, yaitu telah mencapai 1,6 juta ton pada tahun 2022.

Peningkatan produksi bijih nikel yang sudah diolah itu tak terlepas dari kebijakan hilirisasi yang dicanangkan oleh pemerintah. Keberhasilan program tersebut juga dapat dibuktikan dengan banyaknya investasi pada sektor pengolahan nikel yang berbondong masuk ke Tanah Air.

Sebagai perusahaan yang mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam bidang hilirisasi minerba, PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) mengadopsi teknologi Rotary Kiln Electric Furnace yang beroperasi di Bungintimbe Petasia, Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

PT GNI dapat mengolah bahan baku bijih nikel menjadi Nickel Pig Iron (NPI) yang berkualitas tinggi.

Perusahaan industri smelter tersebut juga telah bekerja sama dengan pemerintah lokal untuk mengembangkan dan mewujudkan program hilirisasi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat di bidang pendidikan, lingkungan, pariwisata, dan lain sebagainya.

Proses Pengolahan Nikel

Kendati telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, belum banyak orang yang mengetahui cara pengolahan bijih nikel. Menurut informasi dari PT GNI, proses pengolahan nikel di fasilitas smelter PT Gunbuster Nickel harus melewati tiga tahapan esensial sebelum produk dapat diproses lebih lanjut.

Pertama. Pengeringan kelembaban hingga mencapai 45% melalui proses pretreatment. Dalam proses tersebut, bijih laterit dikeringkan melalui pengering putar (rotary dryer) dengan suhu 250C hingga kelembabannya mencapai angka 20--15%.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun