Mohon tunggu...
David Abdullah
David Abdullah Mohon Tunggu... Football Enthusiast

We are surrounded by lies and fiction.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Lakukan 5 Hal Kecil Ini untuk Menjaga Stabilitas Keuangan

5 Juni 2020   11:38 Diperbarui: 7 Juni 2020   16:46 592 21 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lakukan 5 Hal Kecil Ini untuk Menjaga Stabilitas Keuangan
Stabilitas Sistem Keuangan | unsplash/micheile-henderson

Dalam seleksi alam, menurut Charles Darwin, bukan mereka yang terkuat yang akan bertahan, melainkan yang paling adaptif dalam menghadapi perubahan.

Pada tahun 1998, Indonesia dihantam krisis ekonomi hebat yang ditandai dengan jatuhnya pemerintahan Orde Baru. Kurs Rupiah melemah di angka Rp 16.800 dan inflasi mencapai 78,2 persen.

Krisis yang disebabkan oleh terganggunya stabilitas sistem keuangan (SSK) tersebut tidak hanya berdampak terhadap sektor ekonomi, melainkan juga berdampak secara signifikan dan menyeluruh pada situasi politik dan sosial Indonesia saat itu.

Pemerintah, Bank Indonesia (BI), dan Otoritas terkait tengah memperkuat sinergi kebijakan agar stabilitas ekonomi nasional tetap terjaga dan momentum pertumbuhan ekonomi tetap berlanjut. Salah satunya melalui kebijakan makroprudensial BI.

Kebijakan makroprudensial BI difokuskan pada upaya menjaga SSK dengan mengantisipasi potensi peningkatan risiko pada sektor keuangan yang terdampak penyebaran Covid-19.

Secara sederhana, SSK adalah menyalurkan uang dari pihak yang mempunyai kelebihan kepada pihak yang kekurangan, dengan meminimalisir risiko di setiap mata rantainya, sehingga terjadi perputaran uang yang berkelanjutan dan stabil.

Sejatinya SSK bukan hanya tanggung jawab institusi tertentu saja, tujuan itu akan secara efektif terwujud jika kita semua terlibat aktif dalam mewujudkannya.

Tentu tak satupun dari kita yang menginginkan krisis serupa kembali terjadi di Indonesia. Terlebih di saat pandemi, yang akan membuat kondisi sulit menjadi semakin rumit.

Kita bisa melakukan hal-hal kecil yang bisa dimulai dari diri sendiri untuk menjaga stabilitas keuangan secara pribadi, sekaligus sebagai bentuk partisipasi kita dalam mewujudkan SSK yang dicanangkan pemerintah.

Lantas hal kecil apa saja yang bisa kita lakukan untuk mewujudkannya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN