Mohon tunggu...
Emmy Wardhany
Emmy Wardhany Mohon Tunggu... Freelancer - Penggemar Literasi dan Pengagum Seni

Freelance yang punya hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Mengenal Lebih Dekat UMKM di Pasar IdEA 2019

21 Agustus 2019   14:05 Diperbarui: 21 Agustus 2019   14:17 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pasar IdEA 2019 - Festival Belanja Online to Offline (dok. Pasar IdEA)

Melanjutkan pengalaman saya berkunjung ke Pasar IdEA nih kompasianer, saya sangat berharap agar acara serupa terus di gelar setiap tahunnya. Pengalaman yang sangat menyenangkan dan penuh dengan inspirasi saat datang ke Festival Belanja Online to Offline di Jakarta Convention Center (JCC) tanggal 15 - 18 Agustus lalu.

Baru tahun ini saya datang ke pasar yang tempatnya luas, dengan beragam produk UMKM yang dipamerkan. Sampai bolak balik selama 3 hari ke Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, meski harus bayar Rp 35,000,- setiap kali akan masuk.

Sampai-sampai di postingan Instagram saya banyak yang bertanya, sudah borong apa saja di Pasar IdEA sampai balik lagi dan lagi ke sana. Jujur banget nih, saya datang terus ke JCC sebenarnya untuk dapatkan banyak hadiah dari booth yang mengadakan pameran, terutama layanan ekspedisi, juga e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, Bukalapak, Shopee dan yang lainnya.

Banyak produk UMKM berkualitas tinggi yang sudah di pasarkan melalui marketplace (dokpri)
Banyak produk UMKM berkualitas tinggi yang sudah di pasarkan melalui marketplace (dokpri)

Selain dapat banyak marchendise seperti notebook, tumbler, pouch, payung dan tas lucu, saya juga dapat banyak inspirasi untuk memulai usaha. Karena memang sejak dulu, ada keinginan untuk jualan produk fashion dan mukena. Tapi terkendala modal dan kurang paham mengenai layanan pengiriman barang yang tepat.

Workshop Bisnis yang diadakan selama penyelenggaraan Pasar IdEA juga sangat memberikan banyak manfaat juga informasi menarik mengenai bagaimana memulai usaha, mengembangkannya sampai tips dan trik sukses UMKM masuk ke marketplace.

Festival Belanja Online to Offline

Di saat banyak sekali orang yang terbantu dengan kemudahan yang diberikan oleh e-commerce, terutama dalam mendapatkan produk fashion, saya merasa nelangsa. Karena banyak model fashion yang saya sukai ternyata tidak menyediakan ukuran SS dewasa untuk wanita berhijab dengan tubuh mungil seperti saya.

Pasar IdEA memberikan saya kesempatan bertemu offline secara langsung penjual online yang biasa saya intip model-model fashion nya, seperti Mecanism, Belle Fashion. Bisa tanyakan langsung mengenai jenis bahan yang digunakan, dan ukuran pakaian yang mereka buat.

Belanja produk online secara offline di Pasar IdEA (dokpri)
Belanja produk online secara offline di Pasar IdEA (dokpri)

Sampai borong 12 piece pakaian dari outer, kaos sampai blouse loh, saking senangnya ketemu pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh saya. Kapok? Enggak dong, soalny beli sebanyak itu gak menghabiskan sampai Rp 500,000,- (kan lagi banyak diskon).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun