Mohon tunggu...
Kirana HaditiaPutri
Kirana HaditiaPutri Mohon Tunggu... Freelancer - -

A Tyro writer

Selanjutnya

Tutup

Money

Penggunaan Supply Chain Management? Ini Contohnya dalam Perusahaan

20 Desember 2019   10:28 Diperbarui: 23 Desember 2019   13:50 3953 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Supply Chain Management. sumber: 123rf.com

Supply Chain Management merupakan sebuah praktik atau penerapan yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis di kancah lokal maupun internasional. Penerapannya juga tak hanya dikhususkan pada industry ritel saja, tapi juga bisa diaplikasikan pada berbagai pilihan industry lainnya. Adanya terobosan terbaru yang satu ini akan menjamin rantai pasokan tetap bekerja seefektif mungkin. Dalam jangka panjang, hal ini akan berkontribusi untuk meningkatkan laba perusahaan.

Anda mungkin bertanya-tanya, seperti apakah contoh penggunaan Supply Chain Management tersebut dalam perusahaan? Jawabannya adalah sebagai berikut:

1. Transportasi Dan Pengemasan Produk

Contoh yang pertama adalah terkait transportasi dan pengemasan produk itu sendiri. Dalam hal ini, pengemasan produk menjadi hal yang penting. Semua harus dilakukan secara tepat waktu dan efisien supaya klien lebih cepat mendapatkan hasilnya. Dalam hal transportasi pun juga diperlukan manajemen yang terbaik agar tidak sampai salah pilih transportasi, serta melihat berbagai macam faktor-faktor apa saja yang bisa mempercepat pengiriman barang kepada pelanggan. Cepat, tapi minim risiko.

2. Desain Produk Yang Terbaik Dan Mampu Bersaing di Pasar

Supply Chain Management juga akan menyuguhkan hasil analisa sebagai referensi bagi perusahaan untuk mendesain produk terbaik. Pada akhirnya nanti, semuanya itu akan mampu menjadikan produk tersebut bisa bersaing di pasar dengan baik. Desain adalah hal yang akan membuat perusahaan tersebut populer. Karena itu dalam sekali gebrakan, perlu dipertimbangkan membuat satu yang benar-benar menonjol dan bersifat trending untuk jangka panjang.

3. Pengoptimalan Sumber Daya Yang Ada

Tak hanya sumber daya manusia, sumber daya terkait inventory apa saja yang dimiliki oleh perusahaan saat ini juga sangat penting untuk dikelola dengan baik. Pengelolaan dengan baik yang dimaksud di sini adalah bagaimana semua bisa bekerja sesuai dengan sistem perusahaan. Pada akhirnya ketidak-efektifan akan bisa diminimalisir. Hal ini pun pada akhirnya akan berpengaruh cukup besar bagi laba yang didapatkan oleh perusahaan itu sendiri.

Bagaimana? Apakah perusahaan anda sudah update dengan teknologi ini? Apakah masih berpikir dua kali untuk menggunakan Supply Chain Management?

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan