Mohon tunggu...
Kiramaru Nara
Kiramaru Nara Mohon Tunggu... Seorang pembuat "PECEL"

Dan saya adalah hanyalah seorang pembuat "PECEL".

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Dan Senangnya Belajar Menggunakan "Virtual Reality"

26 Januari 2019   21:06 Diperbarui: 26 Januari 2019   21:37 503 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dan Senangnya Belajar Menggunakan "Virtual Reality"
(dok. pribadi)

Lampung Timur (MTs Muhammadiyah 1 Sekampung Udik)---Pagi hari, Sabtu 26 Januari 2019, pukul 06.50 WIB, Siswa-siswi MTs Muhammadiyah 1 Sekampung Udik, seperti biasa sudah siap di sekolahan guna untuk menjalani rangkaian kegiatan pagi mereka di sekolah , yaitu SO(Sarapan Otak) dan Shalat Dhuha berjamaah di masjid. Setelah itu mereka kembali ke kelas guna untuk melanjutkan rangkaian kegiatan pagi mereka, yakni baca Al-Qur'an bersama, kultum dan selanjutnya menjalani kegiatan belajar mengajar.

Hari itu ada yang beda, karena pak arik, Guru IPS mereka, mengajak ke dasar laut, ke paris, ke monas, ke bulan, ke planet-planet, dan ke mekah. Anak-anak pun bingung, bagaiman caranya. Akhirnya pak arik mengeluarkan Virtual Reality box, dan menjelaskan apa itu Virtual Reality dan bagaimana cara mereka belajar sejarah/geografi dengan merasakan langsung suasana di tempat itu dengan Virtual Reality!

Apa itu Virtual Reality?, Anda mungkin pernah mencoba untuk menonton film 3-Dimensi dengan bantuan kacamata khusus, bukan? Apa yang Anda lihat saat menonton film 3D dengan kacamata khusus tersebut? Ya, gambar yang ditampilkan di layar akan terasa dekat di depan mata Anda. Pengalaman tersebut tentu berbeda saat Anda hanya menonton film biasa di televisi atau komputer. Namun, teknologi virtual reality menawarkan sebuah pengalaman yang lebih dari kacamata 3D biasa. Virtual reality membangkitkan suasana 3D dengan sejumlah alat tertentu, serta memungkinkan penggunanya untuk merasakan seperti berada di dunia nyata padahal ia sedang berada di dunia maya.

Jadi, apa itu virtual reality? virtual reality adalah teknologi yang mampu membangkitkan suasana 3D yang nyata, sehingga membuat penggunanya merasa seperti berada di dunia nyata meskipun simulasi yang ada di depannya adalah maya. 

(dok. pribadi)
(dok. pribadi)
Teknologi ini dapat digunakan untuk menunjang pendidikan serta meningkatkan efektivitas belajar siswa. Misalnya penerapan teknologi Virtual Reality dapat digunakan dalam proses belajar matematika yang berkaitan dengan topik pembahasan geometri, atau belajar sejarah dengan merasakan langsung berada disitus sejarah/museum tersebut tanpa harus berada di tempat aslinya, atau pembelajaran bahasa inggris dengan bisa mengetahui apa saja arti kata benda dalam bahasa inggris hanya dengan melihatnya.

Teknologi Virtual Reality juga bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran biologi yakni pemodelan proses pembelahan sel, selain itu teknologi Virtual Reality dapat digunakan untuk pembelajaran lain yang kompleks dan sulit untuk dilakukan secara nyata.

Khusus untuk pelajar di indonesia VR masih jarang digunakan, tetapi diprediksi di masa mendatang penggunaan VR di berbagai jenjang pendidikan sekolah akan lazim digunakan.Virtual reality memiliki beberapa manfaat bagi pendidikan, antara lain

Teknologi yang menggunakan grafik 3 dimensi, sehingga seakan-akanpengguna merasakan sensasi berinteraksi dengan lingkungan nyata

Membantu siswa memvisualisasikan materi-materi pembelajaran abstrakmenjadi lebih mudah untuk dipahami

Sebagai media pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan.

Meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x