Mohon tunggu...
Wahyu Barata
Wahyu Barata Mohon Tunggu... Marketing Perbankan

Wahyu Barata.Lahir di Garut 21 Oktober 1973. Menulis puisi, cerita pendek,dan artikel. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Sari Kata, majalah Aksara , Media Bersama, Kompas, Harian On Line Kabar Indonesia, beberapa antologi bersama, dan lain-lain.Kini bekerja sebagai marketing perbankan tinggal di Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Merindukan Kebiasaan-kebiasaan Baik di Bulan Ramadhan

16 April 2021   23:32 Diperbarui: 16 April 2021   23:36 365 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merindukan Kebiasaan-kebiasaan Baik di Bulan Ramadhan
Foto Dokumentasi Pribadi

Umat Islam di mana pun berada tentu sangat merindukan bulan Ramadhan, karena di bulan suci mulia ini kita mendapat kesempatan untuk lebih banyak berlomba-lomba mendekatkan diri kepada Allah.

Ramadhan menjadi bulan istimewa karena Allah menjanjikan pahala berlipat-lipat untuk segala ibadah yang kita lakukan, dan ibadah puasa kita dinilai langsung oleh Allah.

Banyak kebiasaan-kebiasaan baik yang kita rindukan untuk kita lakukan di bulan Ramadhan, antara lain : 

1). Menyempatkan waktu untuk berbuka puasa di rumah berkumpul bersama keluarga. Menikmati hidangan sederhana sambil saling bercerita tentang prestasi sekolah, prestasi pekerjaan, saudara, teman, ibadah di bulan Ramadhan, pulang kampung,...Kadang-kadang diselingi humor hingga suasana semakin ceria.

2). Setiap sore sebelum Maghrib kita biasa jalan-jalan sambil berburu makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Banyak penjaja bersemangat jualan sajian khas dan variatif makanan dan minuman untuk berbuka puasa, yang hanya bisa ditemukan di bulan Ramadhan. Tidak mau kalah dari cafe,resto, dan hotel.

3). Menjalin silaturahmi dan saling mengunjungi dengan menghadiri undangan buka puasa bersama keluarga, sanak saudara, teman sekolah, teman-teman di kantor, berkumpul menikmati sajian buka puasa. Biasanya kita mengundang orang-orang melalui chat whatsapp atau aplikasi lain untuk menentukan kapan dan di mana tempatnya. Biasanya di cafe, resto, atau di rumah.

4). Biasanya anak-anak dan remaja lelaki menabuh gendang, jimbe, galon aqua bekas , atau barang-barang rongsok, membangunkan warga komplek untuk makan sahur, sambil berseru lantang, "Sahur!Sahur!Sahur!"

5). Membagikan makanan untuk sahur dan buka puasa. Di bulan Ramadhan kita wajib melakukan kegiatan yang memberi manfaat, salah satunya berbagi makan berbuka puasa dan makan sahur untuk mereka yang membutuhkan. Menyisihkan sebagian rizki untuk memberi hidangan buka puasa dan sahur orang-orang di masjid, di jalan, dan kaum dhuafa.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda,"Barangsiapa memberi makan kepada 36 orang yang berpuasa setiap tahun, seakan-akan ia beribadah puasa satu tahun (karena kebaikan dilipatgandakan pahalanya sepuluh kali). 

Dan barangsiapa memberi makan dan minum orang-orang yang berpuasa atas dasar niat ini, Allah mencatat baginya ibadah puasa berabad-abad dan bertahun-tahun-tahun.

Foto Dokumentasi Pribadi
Foto Dokumentasi Pribadi
6). Biasanya anak-anak sekolah dasar sampai sekolah menengah mengikuti pesantren kilat di sekolah. Pesantren kilat memberi kesempatan bagi anak-anak untuk bisa berinadah sesuai dengan tuntunan Al Quran dan hadits-hadits shahih , mendapat tambahan ilmu agama, terhindar dari perbuatan-perbuatan dan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN