Mohon tunggu...
Wahyu Barata
Wahyu Barata Mohon Tunggu... Marketing Perbankan

Wahyu Barata.Lahir di Garut 21 Oktober 1973. Menulis puisi, cerita pendek,dan artikel. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Sari Kata, majalah Aksara , Media Bersama, Kompas, Harian On Line Kabar Indonesia, beberapa antologi bersama, dan lain-lain.Kini bekerja di BNI Syariah Bandung dan tinggal di Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Numismatis dan Grade Mata Uang Logam

8 Januari 2020   18:00 Diperbarui: 9 Januari 2020   13:10 164 4 1 Mohon Tunggu...
Numismatis dan Grade Mata Uang Logam
ilustrasi: Koin tembaga bergambar lambang VOC ditemukan warga situs/dusun Bowongan, Desa Ringinanom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Saat ini uang koin itu diteliti oleh tim ahli dari Balai Konservasi Borobudur, Jumat (12/1/2018). (Foto: KOMPAS.com/Ika Fitriana)

"Bagi para numismatis juga bagi para kolektor benda-benda lain, kondisi fisik benda koleksi sangat penting. Semakin bagus kondisi fisiknya, semakin tinggi nilainya." 

Mata uang logam telah dikenal lebih dulu daripada mata uang kertas. Minat terhadap mata uang logam pun telah berlangsung lebih lama.

Uang logam tua dan kuno umumnya akan berkarat dan aus. Begitupun gradenya (tingkat kondisi fisiknya) mata uang logam sudah lebih dulu dikenal daripada grade mata uang kertas. Grade mata uang logam berbeda dengan grade mata uang kertas.

Ada 8 grade mata uang logam:

1). Brilliant Uncirculated (BU) adalah mata uang logam yang baru dikeluarkan percetakan. Kondisi fisiknya masih mengkilap, tidak rusak akibat salah penanganan dalam percetakan.

2). Uncirculated (Unc) adalah mata uang logam yang kondisi fisiknya masih mengkilap kendati kurang cemerlang dibanding BU. Mungkin karena penyimpanan setelah ke luar dari percetakan kurang baik.

3). Extremely Fine (XF atau EF) adalah mata uang logam yang baru sedikit beredar. Terlihat sedikit tanda aus di pinggir dan di bagian yang menonjol.Sebagian fisiknya masih mengkilap.

4). Very Fine (VF) adalah mata uang logam yang sudah agak banyak beredar. Tanda aus di pinggir dan bagian yang menonjol terlihat jelas. Ada gores halus di permukaan, sudah tidak mengkilap lagi.

5). Fine (F), adalah mata uang logam dengan kondisi fisik sudah aus di banyak tempat. Tampak jelas goresan-goresan. Bagian yang menonjol seperti huruf atau bagian figur manusia sudah menyatu dengan bagian yang rata. 

Bagian pinggir sudah banyak yang aus. Sudah tampak karat dan kotoran, namun masih bisa hilang kalau digosok dengan jari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN