Mohon tunggu...
Khusnur Rohmah
Khusnur Rohmah Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Praktisi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menepis Stigma Negatif

20 Desember 2014   00:13 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:55 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pernah saya mendengar seseorang, yang saya tahu bukan guru, dengan nada sinis bilang: "Guru dari dulu ya gitu-gitu aja. Dimana-mana juga sama! Mereka tidak mau diajak berkembang. Apalagi terhadap teknologi dan informasi, mereka alergi!!!"  Eits...Jangan salah Mas! Tidak semua guru seperti itu. Sepanjang perjalananku kurang lebih 15 tahun menjadi guru, saya menyaksikan banyak sekali guru yang memiliki semangat tinggi untuk mengembangkan diri di bidang IT. Tidak hanya guru-guru muda, yang senior pun banyak yang berusaha mengenal dan menggunakan IT. Jadi, jangan di"gebyah uyah" pernyataan tentang guru.

Tapi saya bersyukur pernah mendengar kalimat tersebut. Dengan mengingat kalimat dan wajah sisnisnya , saya termotivasi untuk terus belajar mengembangkan diri dalam bidang teknologi dan informasi. Beberapa kali saya mengikuti pelatihan IT, salah satunya adalah pelatihan yang sekarang ini sedang saya ikuti "Diklat Online Guru Melek IT Pola 12 Hari"  yang dimotori oleh Bapak Sukani.

Saya termotivasi mengikuti diklat ini selain karena sering de javu dengan "kalimat motivasi" itu, saya juga melihat isi yang ditawarkan oleh penyelenggara diklat ini sangat menarik dan bermanfaat nantinya bagiku dalam aktivitas mengajar. Sistem diklatnya juga mudah diikuti. Waktu untuk mengikuti diklat ini sangat fleksibel karena peserta dapat membuat sendiri rencana diklat asal tetap dalam batas waktu yang telah ditentukan. Penilaian dalam diklat ini juga "fair". Setiap peserta benar-benar dituntut untuk bisa menyelesaikan tugas-tugasnya dengan tepat waktu. Jika telat, sistem tidak bisa menerima pengumpulan tugas tersebut.

Sampai dengan hari ke-5 ini, saya merasa bertambah wawasan tentang IT utamanya di bidang media pembelajaran. InsyaAllah hal tersebut akan menambah semangat dalam menjalani tugasku ke depan.

Untuk semua guru-guru Indonesia yang hebat, ayo tetap semangat mengembangkan diri dan belajar sepanjang hayat. Kita bersama-sama menepis stigma negatif yang kerap dialamatkan pada kita. Kita buktikan bahwa kita juga pribadi-pribadi yang mau berkembang, aktif dan dinamis demi anak didik kita...Salam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun