Mohon tunggu...
Kholis Raihan
Kholis Raihan Mohon Tunggu... Blog Pribadi

Selamat membaca artikel saya :)

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Golden Sunrise Gunung Prau Wonosobo Jawa Tengah

14 April 2021   21:39 Diperbarui: 14 April 2021   21:42 82 2 0 Mohon Tunggu...

Saat libur kuliah kemarin saya bersama teman teman nongkrong saya berencana untuk melakukan pendakian ke Gunung Prau yang terletak di daerah Bakulan, Dieng, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. 

Sebelum melakukan pendakian kami terlebih dahulu mencari info persyaratan yang harus dibawa untuk bisa melakukan pendakian di Gunung Prau. Salah satu syaratnya harus membawa surat sehat dari puskesmas, jadi h-1 pendakian kita sudah harus mempunyai surat sehat dari puskesmas terdekat.

3 hari sebelum pendakian kita mulai mempersiapkan segala macam peralatan, mulai dari mempersiapkan logistik, alat alat untuk memasak, kemudian alat untuk tracking, serta menyewa peralatan tenda lainnya seperti matras, sleeping bag dll. 

Setelah perlengkapan selesai, lusa tepatnya 1 hari sebelum pendakian kami menuju ke puskesmas terdekat untuk mengurus surat sehat sebagai syarat pendakian di Gunung Prau. 

Setelah itu kami juga menyiapkan hand sanitizer serta beberapa masker karena memang protokol kesehatan di Gunung Prau sangatlah ketat, sehingga orang yang tidak memenuhi persyaratan bisa saja tidak diizinkan untuk melakukan pendakian.

Hari yang sudah ditentukan pun tiba, saya dan keenam teman lelaki saya berkumpul di rumah saya sehabis sholat asar, baru kemudian kita menuju ke daerah Magelang untuk menjemput 2 orang teman cewek kami yang memang berdomisili di daerah Magelang. 

Setelah itu kami berdiskusi sebentar untuk memutuskan memilih jalur pendakian via mana, karena kabarnya di daerah Wonosobo ada pembatasan pendaki, serta ada kabar pada saat itu jika melewati Wonosobo harus rapid test terlebih dahulu. 

Jadi setelah kami berdiskusi, agar aman dan pasti bisa untuk melakukan pendakian, kami menempuh jalur via wates yang berada di daerah Temanggung, walau sedikit agak jauh namun setidaknya jalur tersebut tidak ada rumor rapid test seperti yang ada di daerah Wonosobo.

Sebelum melanjutkan perjalanan kami berdoa terlebih dahulu agar semuanya selamat sampai tujuan tanpa ada halangan. Setelah itu kami pun bergegas menuju ke daerah temanggung. 

Setelah kurang lebih 3 jam perjalanan kami sampai di daerah Temanggung dan kami memutuskan untuk istirahat terlebih dahulu di masjid yang berada di desa kecil yang kami lewati, sembari melaksanakan sholat maghrib serta sholat isya' dan bersantai sejenak agar tidak kelelahan saat pendakian nanti. Setelah dirasa cukup dan sudah selesai sholat, kami melanjutkan perjalanan agar pendakian kami tidak terlalu malam.

Setelah 2 jam perjalanan, sekitar pukul 21:00 WIB kami sampai di basecamp pendakian Gunung Prau via wates yang berada di daerah Temanggung Jawa Tengah. Sampai disana kami langsung melakukan registrasi dan pengecekan barang bawaan kami serta persyaratan yang kami bawa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN