Mohon tunggu...
Kholifah Al Rosidah E S
Kholifah Al Rosidah E S Mohon Tunggu... Lainnya - 201910501027

hi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Beberapa Kecamatan di Tulungagung Termasuk Wilayah Permukiman Kumuh

2 November 2020   14:32 Diperbarui: 20 Maret 2021   01:34 88 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beberapa Kecamatan di Tulungagung Termasuk Wilayah Permukiman Kumuh
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Perumahan merupakan bagian dari permukiman yang secara umum dapat diartikan sebagai tempat tinggal. Rumah bukan hanya digunakan untuk berteduh dari panas dan hujan tetapi juga merupakan kebutuhan primer bagi sebuah keluarga. Perkembangan pembangunan perumahan di Indonesia jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya. Berbagai ragam tipe rumah yang ada dapat menunjukkan peningkatan permintaan saat ini. Dari tipe rumah kecil satu lantai sampai dengan tipe rumah besar dua lantai, serta perumahan dengan sarana dan prasarana yang memadai dan lengkap.

Pesatnya perkembangan pembangunan perumahan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Tulungagung menjadi hal yang terfokuskan bagi pemerintah Kabupaten Tulungagung. Perkembangan jumlah penduduk yang begitu pesat biasanya berkaitan dengan kurangnya jumlah permukiman yang ada dan tidak sebanding dengan lahan yang tersedia. Hal tersebut mengakibatkan penataan tempat tinggal menjadi tidak beraturan dan sarana prasarana menjadi kurang memadai. Tumbuhnya kawasan perumahan dan permukiman yang kurang layak huni menjadi solusi tercepat yang diambil oleh masyarakat. Kondisi sosial ekonomi penduduk yang umumnya berpenghasilan sangat rendah, belum tersedianya sarana dan prasarana, dan faktor ketidakmampuan untuk memiliki tanah sendiri, menyebabkan semakin maraknya pembangunan permukiman kumuh. Jika kondisi tersebut tidak dapat dikendalikan pertumbuhannya, maka kualitas lingkungan dan kualitas kesehatan masyarakat akan terus menurun.

Hal ini dapat diartikan bahwa perumahan dan kawasan permukiman yang baik  dan sehat merupakan hak bagi setiap warga negara yang harus dijamin oleh negara dan menjadi tanggungjawab negara. Hal ini menjadi hak bagi warga negara baik yang telah mampu memenuhi kebutuhan itu sendiri, maupun bagi warga negara yang belum mampu memenuhinya sendiri, sehingga menjadi menjadi kewajiban negara untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan menciptakan kesejahteraan bagi seluruh warga negara.

Wilayah yang termasuk ke dalam lingkungan permukiman kumuh di Kabupaten Tulungagung berada di wilayah kecamatan yang lokasinya berdekatan dengan wilayah kota, antara lain Kecamatan Tulungagung, Boyolangu, Kedungwaru, Ngunut, dan Kauman.  Rendahnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan yang sehat terlihat dari perilaku masyarakat yang kurang ramah pada lingkungannya. Hal ini ditandai dengan masih adanya sebagian masyarakat yang menjalankan pola hidup yang tidak sehat.

Beberapa orang beranggapan bahwa kawasan permukiman kumuh seringkali identik dengan keberadaan penduduk miskin. Anggapan ini belum tentu benar karena biasanya di dalam kawasan permukiman kumuh juga terdapat penduduk yang tidak termasuk ke dalam kategori miskin. Misalnya penduduk dengan kondisi rumah beserta fasilitas yang memadai yang mereka miliki di dalam kawasan pemukiman kumuh tersebut.

Adanya kawasan permukiman kumuh merupakan salah satu tanda gagalnya program pembangunan perumahan yang terlalu berpihak pada produksi rumah langsung jadi, terutama bagi masyarakat dengan golongan ekonomi menengah ke atas. Program yang bertujuan untuk menyediakan rumah bagi masyarakat sepertinya belum dilaksanakan dengan baik.

Saat ini pemerintah telah berupaya untuk memperbaiki masalah kekumuhan tersebut dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam proses pembangunannya. Namun karena keterbatasan kemampuan masyarakat tersebut, proses pembangunan tidak dapat dilanjutkan. Di sisi lain, masyarakat sebagai pelaku yang terlibat dalam proses pembangunan juga kurang menyadari tanggungjawabnya. Hal tersebut dapat berakibat pada terputusnya keberlanjutan proses pembangunan.

Dari masalah-masalah tersebut, diharapkan pihak terkait dapat mengoptimalkan penanganan kawasan pemukiman kumuh melalui kerjasama. Perlu adanya kesadaran bagi masyarakat terkait pentingnya kawasan permukiman yang sehat dan layak huni serta pemahaman tentang pemanfaatan ruang.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x