Mohon tunggu...
Khoirunnisa Nasution
Khoirunnisa Nasution Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasisiwa

saya suka mendengarkan lagu, suka menonton video lucu, dan memiliki kepribadian yang humoris

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meningkatkan Penjualan pada UMKM Bakso Taman Pesona melalui Inovasi Produk Mie Ayam-Bakso

21 Mei 2024   10:14 Diperbarui: 21 Mei 2024   10:28 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dua hal utama. Pertama, adalah upaya Inovasi Produk yang dilakukan oleh UMKM Bakso Taman Pesona untuk meningkatkan volume penjualannya. Kedua, adalah faktor-faktor yang mendorong dan menghambat UMKM Bakso Taman Pesona dalam mengembangkan Inovasi Produk tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studio kasus, melibatkan pemilik, karyawan, dan konsumen sebagai narasumber. Data dikumpulkan Melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dengan keabsahan data yang diperiksa melalui triangulasi sumber. Analisis data mencakup reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Bakso Taman Pesona melakukan Inovasi Produk berupa modulasi, variasi ukuran, pengembangan bahan tambahan, dan efisiensi produksi. Setelah melakukan Inovasi, terjadi peningkatan volume penjualan yang ditandai dengan minat konsumen yang lebih besar dan penerimaan yang lebih baik terhadap Produk inovatif. faktor pendorong pengembangan Inovasi antara lain persaingan pasar, pertumbuhan usaha, kebutuhan akan tenaga kerja tambahan, dan ekspansi bisnis. di sisi lain, faktor penghambatnya meliputi kekurangan ide untuk Inovasi yang unik, serta proses produksi manual yang memakan waktu.

Kaya kunci: Inovasi Produk,UMKM

PENDAHULUAN

Dalam era globalisasi, setiap bisnis menghadapi persaingan yang sengit, mendorong para pelaku usaha untuk mengembangkan strategi yang efektif untuk bertahan dan berkembang. Inovasi menjadi kunci dalam menghadapi tantangan ini, memungkinkan perusahaan untuk tetap relevant dan bersaing di pasar yang kompetitif.


Kemampuan untuk berinovasi tidak hanya penting untuk bertahan dalam persaingan bisnis saat ini, tetapi juga untuk menyiasati persaingan global. Inovasi, baik dalam Produk, layanan, atau proses, memungkinkan perusahaan untuk membedakan diri mereka dari persaing dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik.

Industri kuliner merupakan salah satu contoh yang menunjukkan pentingnya Inovasi dalam menembus pasar, mempertahankan pangan pasar, dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Inovasi Produk menjadi prioritas bagi perusahaan, karena hal ini memainkan peran krusial dalam menjaga relevansi dan gaya saying di pasar yang terus berubah.

Penelitian sebelumnya, seperti yang dilakukan oleh Mashita, Widodo, & Zulianto (2019), Saputri (2015), dan Ibniwasum (2020), menunjukkan bahwa Inovasi Produk memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan volume penjualan dan mempertahankan pelangganan. Dalam konteks ini, penelitian yang dilakukan saat ini akan membahas lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan Inovasi Produk, memberikan wawasan tambahan tentang strategi yang diperlukan untuk menghadapi persaingan bisnis saat ini.

Bakso Taman Pesona merupakan usaha kecil yang terletak di perumahan Taman Pesona Block D. 1 No. 20 Kel. Lialang, Kec. Taktakan, Kota Serang. Usaha ini menjual mie ayam dan Bakso. 

METODE

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun